Kamis, 06 September 2012

Silabus Perkaderan Nasyiatul 'Aisyiyah





SILABUS PERKADERAN FORMAL
NASYIATUL AISYIYAH



Assalaamu’alaikum wr. wb.
Alhamdulillaahi rabbil ‘aalamiin.. Puji syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SwT, atas ridha-Nya kami dapat menyusun dan menyelesaikan revisi Silabus Perkaderan Formal Nasyiatul Aisyiyah. Revisi silabus kami lakukan sebagai langkah awal untuk menyusul modul pelatihan yang nantinya diharapkan dapat digunakan sebagai acuan pelaksanaan perkaderan formal di semua tingkatan Nasyiatul Aisyiyah.
Silabus SPNA memerlukan beberapa perubahan untuk disesuaikan dengan kebutuhan pengkaderan. Dalam revisi yang sudah dilakukan terdapat seluruh aspek pendidikan yang menjadi point of view, yaitu psikomotorik, afektif, dan kognitif. Dalam proses kaderisasi modul menjadi hal yang sangat penting dan menjadi rujukan utama, sehingga banyak hal pertimbangan dan referensi yang dilakukan untuk memperkaya nilai intrinsic dari modul SPNA.
Beberapa catatan perlu kami sampaikan di sini yaitu :
1. Jika secara materi belum memungkinkan untuk disampaikan secara mandiri oleh tim instruktur Nasyiatul Aisyiyah, maka penyampaikan materi dapat mendatangkan nara sumber atau instruktur tamu yang kompeten sesuai bidangnya.
2. Metode penyampaian sangat bervariatif, dapat dikembangkan sesuai dengan kondisi yang ada.
Revisi Silabus ini tentunya masih banyak kekurangan di sana-sini, untuk itu kritik dan saran/masukan dari semua pihak akan sangat berguna.
Wassalaamu’alaikum wr. wb.

                                                                                                                                                                        Tim Penyusun
                                                                                                                                                                        Departemen Kader
                                                                                                                                                                        Pimpinan Pusat Nasyiatul Aisyiyah


SILABUS DARUL ARQOM NASYIATUL AISYIYAH I (DANA I)


KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI
NILAI YANG DIKEMBANGKAN
KEGIATAN

METODE
MEDIA
ALOKASI
WAKTU
1      Memberikan kesadaran akan pentingnya DANA I

1.1   Dapat menyampaikan motivasi dan harapan mengikuti pelatihan
1.2   Dapat menyebutkan identitas semua peserta
Ekspektasi
(kontrak belajar)
1.    Perkenalan
2.    Tujuan dan harapan
3.    Peraturan
·   Religius
·   Jujur
·   Toleransi
·   Disiplin
·   Demokratis
·   Bersahabat/
   Komunikatif
·   Instruktur membuka sesi Ekspektasi dengan salam dan doa
·   Instruktur mengajak peserta untuk saling berkenalan dengan metode game/permainan yang menarik
·    Peserta mengadakan perkenalan dalam bentuk game
·   Peserta menuliskan tujuan dan harapan mengikuti DANA I pada kertas panel
·   Instruktur dan peserta memadukan tujuan dan harapan menjadi satu kesatuan
·   Instruktur menyampaikan tujuan pengkaderan DANA I pada peserta
·   Peserta berdiskusi tentang tata tertib/peraturan yang berlaku dalam DANA I
·   Instruktur menutup sesi Ekspetasi dengan salam dan doa penutup majelis
·    Game
·    Diskusi
·    Sumbang saran
·    Modul
·    Kertas Panel
·    Spidol
90 menit
Standar Kompetensi 1. : Memiliki kesadaran beragama
2      Menanamkan kesadaran beragama dan meningkatkan pengamalannya
2.1   Menyebutkan dasar-dasar ajaran Islam (konsep Iman, Islam, Ikhsan)
2.2   Memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari

Al-Islam
·          Konsep Iman, Islam, dan Ihsan
·          Aplikasi ke-Islaman dalam kehidupan sehari-hari
·  Religius
·   Jujur
·   Disiplin
·   Tanggung Jawab
·   Instruktur membuka sesi Materi Al-Islam dengan salam dan doa
·   Instruktur melakukan apersepsi materi Al-Islam dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi Al-Islam
·   Instruktur memperkenalkan narasumber/instruktur tamu pada peserta dan mempersilakannya menyampaikan materi
·   Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang telah disampaikan oleh narasumber
·   Dinamika kelompok
·   Diskusi kelas
·   Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
·    Dinamika kelompok
·    Diskusi kelas
·    Modul
·    LCD
·    Kertas panel
·    Spidol
·    Alat Peraga lain yang mendukung dan sesuai


90 menit
Standar Kompetensi 3. : Memiliki kesadaran berorganisasi
3      Menanamkan kesadaran dan kecintaan terhadap organisasi Muhammadiyah
3.1   Menceritakan berdirinya Muhammadiyah
3.2   Menyebutkan dasar-dasar perjuangan Muhammadiyah
·     Kemuhammadiyahan
-  Sejarah Berdirinya Muhammadiyah
-  Khittah Perjuangan Muhammadiyah



·   Religius
·   Jujur
·   Disiplin
·   Tanggung Jawab
·   Toleransi
·   Kerja Keras
·   Kreatif
·   Demokratis
·   Mandiri
·   Bersahabat/komunikatif
·   Semangat kebangsaan
·   Cinta Tanah Air
·   Menghargai Prestasi
·   Cinta Damai
·   Peduli Lingkungan dan Sosial
·   Gemar Membaca
·   Instruktur membuka sesi Materi Khittah Perjuangan Muhammadiyah dengan salam dan doa
·   Instruktur melakukan apersepsi materi  dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·   Instruktur memperkenalkan narasumber/instruktur tamu pada peserta dan mempersilakannya menyampaikan materi
·   Menyaksikan pemutaran film “Sang Pencerah”
·   Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang telah disampaikan oleh narasumber dan tayangan film
·   Dinamika kelompok
·   Diskusi kelas
·   Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis Instruktur menutup sesi Ekspetasi dengan salam dan doa penutup majelis
·    Dinamika kelompok
·    Diskusi kelas
·    Modul
·    LCD
·    Film ‘Sang Pencerah”
·    Kliping Media
·    Kliping Tokoh
·    Kertas panel
·    Spidol

180 menit

3.3   Menceritakan sejarah berdirinya Nasyiatul Aisyiyah
3.4   Menyebutkan ciri-ciri kepribadian Nasyiatul Aisyiyah
·     KeNasyiatul Aisyiyahan
-  Sejarah Ringkas Nasyiatul ‘Aisyiyah
-  Kepribadian Nasyiatul ‘Aisyiyah

·   Religius
·   Jujur
·   Disiplin
·   Tanggung Jawab
·   Toleransi
·   Kerja Keras
·   Kreatif
·   Demokratis
·   Mandiri
·   Bersahabat/komunikatif
·   Menghargai Prestasi
·   Cinta Damai
·   Peduli Lingkungan dan Sosial
·   Gemar Membaca
·   Instruktur membuka sesi Materi   dengan salam dan doa
·   Instruktur melakukan apersepsi materi  dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·   Instruktur memperkenalkan narasumber/instruktur tamu pada peserta dan mempersilakannya menyampaikan materi
·   Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang telah disampaikan oleh narasumber
·   Dinamika kelompok
·   Diskusi kelas
·   Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
·    Dinamika kelompok
·    Diskusi kelas
·    Sumbang saran
·    Modul
·    LCD
·    Kertas panel
·    Spidol
·    Kliping media


90 menit

3.5   Menceritakan sejarah Aisyiyah
3.6   Menyebutkan ciri-ciri kepribadian Aisyiyah
·     KeAisyiyahan
-  Sejarah ringkas ‘Aisyiyah
-  Kepribadian ‘Aisyiyah
·   Religius
·   Jujur
·   Disiplin
·   Tanggung Jawab
·   Toleransi
·   Kerja Keras
·   Kreatif
·   Demokratis
·   Berasahabat/komunikatif
·   Mandiri
·   Semangat kebangsaan
·   Cinta Tanah Air
·   Menghargai Prestasi
·   Cinta Damai
·   Peduli Lingkungan dan Sosial
·   Gemar Membaca
·   Instruktur membuka sesi Materi   dengan salam dan doa
·   Instruktur melakukan apersepsi materi  dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·   Instruktur memperkenalkan narasumber/instruktur tamu pada peserta dan mempersilakannya menyampaikan materi
·   Diskusi kelas
·   Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
·    Diskusi kelas
·    Sumbang saran
·    Modul
·    LCD
·    Kertas panel
·    Spidol
·    Kliping media


45 menit
4      Menanamkan nilai-nilai kepemimpinan dan kecintaan berorganisasi

4.1   Menguraikan definisi kepemimpinan
4.2   Menyebutkan nilai-nilai kepemimpinan Rosulullah
4.3   Menerapkan nilai-nilai kepemimpinan dalam kehidupan sehari-hari


·     Kepemimpinan
-  Pengertian Kepemimpinan
-  Kepemimpinan Rasulullah SAW
ĂĽ Sejarah Ringkas Rasulullah SAW
ĂĽ Sifat-sifat kepemimpinan Rasulullah dan Sahabat-sahabatnya
ĂĽ Realisasi dalam kehidupan berorganisasi


·   Religius
·   Jujur
·   Disiplin
·   Tanggung Jawab
·   Toleransi
·   Kerja Keras
·   Kreatif
·   Demokratis
·   Mandiri
·   Bersahabat/komunikatif
·   Menghargai Prestasi
·   Cinta Damai
·   Peduli Lingkungan dan Sosial
·   Instruktur membuka sesi Materi   dengan salam dan doa
·   Instruktur melakukan apersepsi materi  dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·   Instruktur menyampaikan materi
·   Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang telah disampaikan oleh narasumber
·   Dinamika kelompok
·   Diskusi kelas
·   Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
·    Dinamika kelompok
·    Diskusi kelas
·    Sumbang saran
·    Modul
·    LCD
·    Kertas panel
·    Spidol



4.4   Menguraikan pengertian organisasi
4.5   Menguraikan unsur-unsur organisasi
4.6   Menguraikan tujuan dan manfaat berorganisasi
·          Pengantar Organisasi
-   Pengertian Organisasi
-   Prinsip organisasi
-   Tujuan dan Manfaat organisasi

·   Disiplin
·   Tanggung Jawab
·   Kerja Keras
·   Toleransi
·   Demokrasi
·   Menghargai prestasi
·   Bersahabat/komunikatif

·   Instruktur membuka sesi Materi   dengan salam dan doa
·   Instruktur melakukan apersepsi materi  dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·   Instruktur menyampaikan materi
·   Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang telah disampaikan oleh narasumber
·   Dinamika kelompok
·   Diskusi kelas
·   Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
·    Dinamika kelompok
·    Diskusi kelas
·    Sumbang saran
·    Modul
·    LCD
·    Kertas panel
·    Spidol


90 menit

4.7   Menyebutkan kandungan AD/ART secara umum
·          AD/ART Nasyiatul ‘Aisyiyah
·   Disiplin
·   Tanggung Jawab
·   Kerja Keras
·   Toleransi
·   Demokrasi
·   Menghargai prestasi
·   Bersahabat/komunikatif

·   Instruktur membuka sesi Materi   dengan salam dan doa
·   Instruktur melakukan apersepsi materi  dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·   Instruktur  menyampaikan materi
·   Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang telah disampaikan oleh narasumber
·   Dinamika kelompok
·   Diskusi kelas
·   Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
·    Dinamika kelompok
·    Diskusi kelas
·    Sumbang saran
·    Modul
·    LCD
·    Kertas panel
·    Spidol


90 menit

4.8   Menguraikan secara ringkas administrasi organisasi Nasyiatul Aisyiyah
4.9   Membuat contoh penyusunan administrasi Nasyiatul Aisyiyah
·          Kesekretariatan Organisasi
-   Pengertian
-   Tujuan dan manfaat
-   Contoh
·   Disiplin
·   Tanggung Jawab
·   Kerja Keras
·   Menghargai prestasi
·   Bersahabat/komunikatif

·   Instruktur membuka sesi Materi   dengan salam dan doa
·   Instruktur melakukan apersepsi materi  dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·   Instruktur menyampaikan materi
·   Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk praktik kesekretariatan
·   Dinamika kelompok
·   Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis

·    Dinamika kelompok
·    Demonstrasi
·    Modul
·    LCD
·    Komputer/
     NoteBook
·    Kertas panel
·    Kertas folio
·    Spidol


60 menit
Standar Kompetensi 3. : Memahami potensi diri
5      Mengembangkan potensi peserta sebagai penunjang keberhasilan aktivitas berorganisasi ataupun aktivitas sehari-hari

5.1   Mampu mempraktekkan teknik-teknik berpidato di depan umum sebagai salah satu bentuk komunikasi

·          Retorika
-   Pengertian
-   Tujuan dan Manfaat
-   Teknik

·   Jujur
·   Kerja keras
·   Bersahabat/Komunikatif
·   Menghargai Prestasi
·   Tanggung jawab

·   Instruktur membuka sesi Materi   dengan salam dan doa
·   Instruktur melakukan apersepsi materi  dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·   Instruktur menyampaikan materi
·   Peserta Praktik Berpidato
·   Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis

·    Demonstrasi
·    Modul
·    LCD
·    Mix/speker
·    Kertas folio
·    Spidol

120 menit

5.2   Menyebutkan pengertian psikologi remaja
5.3   Menyebutkan tahap-tahap remaja
5.4   Menyebutkan masalah-masalah yang dihadapi remaja
5.5   Menyebutkan solusi-solusi dari permasalan remaja.

·          Psikologi Remaja
-   Pengertian
-   Tahap Perkembangan
-   Masalah yang terjadi pada remaja dan cara mengatasinya
·   Tanggung Jawab
·   Toleransi
·   Kerja Keras
·   Kreatif
·   Demokratis
·   Mandiri
·   Bersahabat/komunikatif
·   Menghargai Prestasi
·   Cinta Damai
·   Peduli Lingkungan dan Sosial
·   Instruktur membuka sesi Materi   dengan salam dan doa
·   Instruktur melakukan apersepsi materi  dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·   Instruktur memperkenalkan narasumber/instruktur tamu pada peserta dan mempersilakannya menyampaikan materi
·   Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang disampaikan narasumber atau tugas yang diberikan instruktur
·   Dinamika kelompok
·   Diskusi kelas
·   Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis

·    Dinamika kelompok
·    Diskusi kelas

·    Modul
·    LCD
·    Kertas panel
·    Kertas folio
·    Spidol


90 menit
6  Memberi kesadaran pentingnya kelanjutan kegiatan pasca pelatihan

6.1   Mampu membuat kerangka materi pelatihan
6.2   Mampu membentuk korps ekstrainer dan agenda pasca pelatihan
·          Evaluasi
-   Problem Solving
-   Kerangka Pelatihan
-   Pembentukan Korps ekstrainer
-   Agenda kegiatan
·   Jujur
·   Tanggung jawab
·   Disiplin
·   Kreatif
·   Demokratis
·   Bersahabat/Komunikatif
·   Menghargai Pretasi
·   Instruktur membuka sesi dengan salam dan doa
·   Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang tugas yang diberikan instruktur
·   Dinamika kelompok
·   Diskusi kelas
·   Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis

·    Dinamika kelompok
·    Diskusi kelas
·    Sambung Rasa

·    Modul
·    LCD
·    Kertas panel
·    Kertas folio
·    Spidol


45 menit



SILABUS DARUL ARQOM NASYIATUL AISYIYAH II (DANA II)


KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI
NILAI YANG DIKEMBANGKAN
KEGIATAN

METODE
MEDIA
ALOKASI
WAKTU
1.     Memberikan kesadaran akan pentingnya DANA II

1.1   Dapat menyampaikan motivasi dan harapan mengikuti pelatihan
1.2   Dapat menyebutkan identitas semua peserta
·          Ekspektasi (kontrak belajar)
-  Perkenalan
        -  Tujuan dan harapan
        -  Peraturan
·   Religius
·   Jujur
·   Toleransi
·   Disiplin
·   Demokratis
·   Bersahabat/
   Komunikatif
·   Instruktur membuka sesi Ekspektasi dengan salam dan doa
·   Instruktur mengajak peserta untuk saling berkenalan dengan metode game/permainan yang menarik
·    Peserta mengadakan perkenalan dalam bentuk game
·   Peserta menuliskan tujuan dan harapan mengikuti DANA II pada kertas panel
·   Instruktur dan peserta memadukan tujuan dan harapan menjadi satu kesatuan
·   Instruktur menyampaikan tujuan pengkaderan DANA II pada peserta
·   Peserta berdiskusi tentang tata tertib/peraturan yang berlaku dalam DANA II
·   Instruktur menutup sesi Ekspetasi dengan salam dan doa penutup majelis
·    Game
·    Diskusi
·    Sumbang saran
·    Modul
·    Kertas Panel
·    Spidol
90 menit
Standar Kompetensi 1. : Memiliki kesadaran beragama
2.     Menanamkan kesadaran beragama dan meningkatkan pengamalannya
2.1   Menjelaskan aqidah yang lurus dan berbagai penyakit aqidah
2.2   Mampu menjelaskan ibadah mahdloh dan ghairumahdloh
2.3   Mampu membedakan akhlaqul karimah dengan akhlaqul madzmumah




·   Al Islam
-    Konsep Islam tentang kualitas manusia dan moralitas
-    Implementasi dalam berbagai aspek kehidupan
·   Religius
·   Jujur
·   Disiplin
·   Tanggung Jawab
·   Instruktur membuka sesi Materi Al-Islam dengan salam dan doa
·   Instruktur melakukan apersepsi materi Al-Islam dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi Al-Islam
·   Instruktur memperkenalkan narasumber/instruktur tamu pada peserta dan mempersilakannya menyampaikan materi
·   Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang telah disampaikan oleh narasumber
·   Dinamika kelompok
·   Diskusi kelas
·   Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
·    Dinamika kelompok
·    Diskusi kelas
·    Modul
·    LCD
·    Kertas panel
·    Spidol
·    Alat Peraga lain yang mendukung dan sesuai


90 menit
Standar Kompetensi 2. : Memiliki kesadaran menggerakkan organisasi
3.     Menanamkan kesadaran dan kecintaan terhadap organisasi Muhammadiyah

3.1   Menjelaskan gerakan dakwah dan social Muhammadiyah

3.2   Memberikan contoh gerakan dakwah dan social Muhammadiyah

·   Kemuhammadiyahan
(Prinsip Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam)
-   Pengertian Gerakan Islam
-   Strategi Muhammadiyah dalam Gerakan Islam



·   Religius
·   Jujur
·   Disiplin
·   Tanggung Jawab
·   Toleransi
·   Kerja Keras
·   Kreatif
·   Demokratis
·   Mandiri
·   Bersahabat/komunikatif
·   Semangat kebangsaan
·   Cinta Tanah Air
·   Menghargai Prestasi
·   Cinta Damai
·   Peduli Lingkungan dan Sosial
·   Gemar Membaca

·   Instruktur membuka sesi Materi dengan salam dan doa
·   Instruktur melakukan apersepsi materi  dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·   Instruktur memperkenalkan narasumber/instruktur tamu pada peserta dan mempersilakannya menyampaikan materi
·   Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang telah disampaikan oleh narasumber dan tayangan film
·   Dinamika kelompok
·   Diskusi kelas
·   Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
·    Dinamika kelompok
·    Diskusi kelas
·    Modul
·    LCD
·    Kliping Media
·    Kertas panel
·    Spidol

180 menit


3.3    Menjelaskan aktivitas gerakan social Nasyiatul Aisyiyah
3.4   Menjelaskan fungsi dan peran Nasyiatul Aisyiyah sebagai kader Persyarikatan

         


·   KeNasyiatul Aisyiyahan
(Nasyiatul ‘Aisyiyah sebagai Kader Persyarikatan)
-   Ortom-ortom di Muhammadiyah
-   Fungsi dan Peran Nasyiah

·   Religius
·   Jujur
·   Disiplin
·   Tanggung Jawab
·   Toleransi
·   Kerja Keras
·   Kreatif
·   Demokratis
·   Mandiri
·   Bersahabat/komunikatif
·   Menghargai Prestasi
·   Cinta Damai
·   Peduli Lingkungan dan Sosial
·   Gemar Membaca
·   Instruktur membuka sesi Materi   dengan salam dan doa
·   Instruktur melakukan apersepsi materi  dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·   Instruktur memperkenalkan narasumber/instruktur tamu pada peserta dan mempersilakannya menyampaikan materi
·   Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang telah disampaikan oleh narasumber
·   Dinamika kelompok
·   Diskusi kelas
·   Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
·    Dinamika kelompok
·    Diskusi kelas
·    Sumbang saran
·    Modul
·    LCD
·    Kertas panel
·    Spidol
·    Kliping media


90 menit
4.     Menanamkan nilai-nilai kepemimpinan dan meningkatkan semangat berorganisasi


4.1   Menjelaskan struktur dan bentuk organisasi
4.2   Menjelaskan wewenang dan tanggung jawab pelaksana organisasi




·          Keorganisasian
-   Struktur Organisasi
-   Bentuk Organisasi
-   Wewenang dan Tanggung Jawab
-   Desain Organisasi



·   Disiplin
·   Tanggung Jawab
·   Toleransi
·   Kerja Keras
·   Kreatif
·   Demokratis
·   Bersahabat/komunikatif
·   Gemar Membaca
·   Menghargai Prestasi
·   Cinta Damai
·   Peduli Lingkungan dan Sosial
·   Instruktur membuka sesi Materi   dengan salam dan doa
·   Instruktur melakukan apersepsi materi  dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·   Instruktur menyampaikan materi
·   Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang telah disampaikan oleh narasumber
·   Dinamika kelompok
·   Diskusi kelas
·   Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
·    Dinamika kelompok
·    Diskusi kelas
·    Sumbang saran
·    Modul
·    LCD
·    Kertas panel
·    Spidol




4.3  Menjelaskan pengertian psikologi social dan factor yang mempengaruhi perilaku individu dan kelompok sebagai sasaran dakwah Nasyiatul ‘Aisyiyah
4.4  Memberikan contoh implementasi pada Nasyiatul Aisyiyah

·          Psikologi Sosial
-   Pengertian
-   Faktor yang mempengaruhi perilaku individu dan kelompok
-   Praduga dan deskriminasi
-   Implementasi pada Nasyiatul ‘Aisyiyah

·   Religius
·   Jujur
·   Disiplin
·   Tanggung Jawab
·   Toleransi
·   Kerja Keras
·   Kreatif
·   Demokratis
·   Bersahabat/komunikatif
·   Menghargai Prestasi
·   Cinta Damai
·   Peduli Lingkungan dan Sosial
·   Instruktur membuka sesi Materi   dengan salam dan doa
·   Instruktur melakukan apersepsi materi  dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·   Instruktur memperkenalkan narasumber/instruktur tamu pada peserta dan mempersilakannya menyampaikan materi
·   Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang telah disampaikan oleh narasumber
·   Dinamika kelompok
·   Diskusi kelas
·   Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
·    Dinamika kelompok
·    Diskusi kelas
·    Sumbang saran
·    Modul
·    LCD
·    Kertas panel
·    Spidol


90 menit

4.5  Menjelaskan pengertian manajemen dan manajer
·          Manajemen
-   Pengertian
-   Proses Manajemen
-   Tantangan Perubahan
·   Religius
·   Jujur
·   Disiplin
·   Tanggung Jawab
·   Toleransi
·   Kerja Keras
·   Kreatif
·   Demokratis
·   Bersahabat/komunikatif
·   Menghargai Prestasi
·   Cinta Damai
·   Peduli Lingkungan dan Sosial
·   Instruktur membuka sesi Materi   dengan salam dan doa
·   Instruktur melakukan apersepsi materi  dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·   Instruktur menyampaikan materi
·   Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang telah disampaikan oleh narasumber
·   Dinamika kelompok
·   Diskusi kelas
·   Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
·    Dinamika kelompok
·    Diskusi kelas
·    Sumbang saran
·    Modul
·    LCD
·    Kertas panel
·    Spidol


90 menit

4.6   Menjelaskan pengertian komunikasi dan bentuk-bentuk komunikasi
4.7  Memberikan contoh hambatan komunikasi dan solusinya.
·          Komunikasi Organisasi
-   Pengertian
-   Macam-macam komunikasi
-   Persepsi dalam komunikasi
-   Hambatan komunikasi efektif
-   Memperbaiki komunikasi


·   Jujur
·   Toleransi
·   Kerja Keras
·   Kreatif
·   Demokratis
·   Bersahabat/komunikatif
·   Menghargai Prestasi

·   Instruktur membuka sesi Materi   dengan salam dan doa
·   Instruktur melakukan apersepsi materi  dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·   Instruktur  menyampaikan materi
·   Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk praktik berkomunikasi efektif
·   Dinamika kelompok
·   Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis

·    Dinamika kelompok
·    Demonstrasi
·    Modul
·    LCD
·    Kertas panel
·    Kertas folio
·    Spidol


60 menit
5.     Mengembangkan potensi peserta sebagai penunjang keberhasilan aktivitas berorganisasi ataupun aktivitas sehari-hari


5.1   Menjelaskan pengertian, fungsi dan penerapan Human Relation dalam organisasi

·          Pengantar Human Relation
-   Pengertian
-   Fungsi
-   Penerapan dalam organiasasi

·   Jujur
·   Toleransi
·   Kerja Keras
·   Kreatif
·   Demokratis
·   Bersahabat/komunikatif
·   Menghargai Prestasi

·   Instruktur membuka sesi Materi   dengan salam dan doa
·   Instruktur melakukan apersepsi materi  dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·   Instruktur memperkenalkan narasumber/instruktur tamu pada peserta dan mempersilakannya menyampaikan materi
·   Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk praktik Human Relation
·   Dinamika kelompok
·   Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis

·    Dinamika kelompok
·    Sumbang Saran
·    Demonstrasi
·    Modul
·    LCD
·    Kertas folio
·    Spidol

90 menit

5.2  Menjelaskan pengertian, tujuan dan manfaat proposal
5.3  Membuat proposal sesuai sistematika.
·          Pembuatan Proposal
-   Pengertian
-   Tujuan dan Manfaat
-   Sistematika Proposal
·   Kreatif
·   Bersahabat/komunikatif
·   Kerja keras
·   Tanggung Jawab

·   Instruktur membuka sesi Materi   dengan salam dan doa
·   Instruktur melakukan apersepsi materi  dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·   Instruktur menyampaikan materi
·   Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk membuat proposal
·   Dinamika kelompok
·   Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis

·    Dinamika kelompok
·    Demonstrasi
·    Modul
·    LCD
·    Kertas panel
·    Kertas folio
·    Spidol


120 menit
6. Memberi kesadaran pentingnya kelanjutan kegiatan pasca pelatihan


6.1   Mampu membuat kerangka materi pelatihan
6.2   Mampu membentuk korps ekstrainer dan agenda pasca pelatihan
·          Evaluasi
-   Problem Solving
-   Kerangka Pelatihan
-   Pembentukan Korps ekstrainer
-   Agenda kegiatan
·   Jujur
·   Tanggung jawab
·   Disiplin
·   Kreatif
·   Demokratis
·   Bersahabat/Komunikatif
·   Menghargai Pretasi
·   Instruktur membuka sesi dengan salam dan doa
·   Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang tugas yang diberikan instruktur
·   Dinamika kelompok
·   Diskusi kelas
·   Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis

·    Dinamika kelompok
·    Diskusi kelas
·    Sambung Rasa

·    Modul
·    LCD
·    Kertas panel
·    Kertas folio
·    Spidol


45 menit
.


SILABUS DARUL ARQOM NASYIATUL AISYIYAH III (DANA III)


KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI
NILAI YANG DIKEMBANGKAN
KEGIATAN

METODE
MEDIA
ALOKASI
WAKTU
1.     Memberikan kesadaran akan pentingnya DANA III

1. 1   Dapat menyampaikan motivasi dan harapan mengikuti pelatihan
1. 2   Dapat menyebutkan identitas semua peserta
·          Ekspektasi (kontrak belajar)
-  Perkenalan
        -  Tujuan dan harapan
        -  Peraturan
·   Religius
·   Jujur
·   Toleransi
·   Disiplin
·   Demokratis
·   Bersahabat/
   Komunikatif
·   Instruktur membuka sesi Ekspektasi dengan salam dan doa
·   Instruktur mengajak peserta untuk saling berkenalan dengan metode game/permainan yang menarik
·    Peserta mengadakan perkenalan dalam bentuk game
·   Peserta menuliskan tujuan dan harapan mengikuti DANA III pada kertas panel
·   Instruktur dan peserta memadukan tujuan dan harapan menjadi satu kesatuan
·   Instruktur menyampaikan tujuan pengkaderan DANA III pada peserta
·   Peserta berdiskusi tentang tata tertib/peraturan yang berlaku dalam DANA III
·   Instruktur menutup sesi Ekspetasi dengan salam dan doa penutup majelis
·    Game
·    Diskusi
·    Sumbang saran
·    Modul
·    Kertas Panel
·    Spidol
90 menit
2.     Menanamkan kesadaran beragama dan meningkatkan pengamalannya
2.1   Mampu menjelaskan makna rahmatan lil’alamin.
2.2   Mampu memberikan contoh makna rahmatan lil’alamin.




Hakikat Islam
·          Islam sebagai Rahmatan Lil Alamiin
·          Konsep Islam tentang Baldatun Thayyibatun wa Robbun Ghofur
·          Implementasi dalam berbagai aspek kehidupan
·   Religius
·   Jujur
·   Disiplin
·   Tanggung Jawab
·   Cinta Damai
·   Peduli Lingkungan dan Sosial
·   Semangat Kebangsaan
·   Cinta Tanah Air
·   Instruktur membuka sesi Materi Hakikat Islam dengan salam dan doa
·   Instruktur melakukan apersepsi materi Hakikat Islam dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi Hakikat Islam
·   Instruktur memperkenalkan narasumber/instruktur tamu pada peserta dan mempersilakannya menyampaikan materi
·   Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang telah disampaikan oleh narasumber
·   Dinamika kelompok
·   Diskusi kelas
·   Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
·    Dinamika kelompok
·    Diskusi kelas
·    Modul
·    LCD
·    Kertas panel
·    Spidol
·    Alat Peraga lain yang mendukung dan sesuai


90 menit
3.     Memberikan pemahaman tentang tantangan lingkungan untuk meningkatkan kecintaan pada perjuangan persyarikatan

3.1  Menyebutkan arti perbandingan agama bagi gerakan dakwah
3.2 Mendeskripsikan tipologi dan peta dakwah/misi agama-agama besar didunia
3.3 Merumuskan strategi dakwah Islam yg efektif dan tepat sasaran diantara kontestasi agama-agama lain.

·          Perbandingan Agama
-   Pengertian dan sejarah perbandingan agama
-   Tipologi agama
-   Dakwah, misi dan zending agama-agama
-   Peta penyebaran agama-agama didunia
-   Islam ditengah kontestasi agama-agama dunia

·   Religius
·   Jujur
·   Tanggung Jawab
·   Cinta Damai
·   Peduli Lingkungan dan Sosial
·   Gemar membaca
·   Bersahabat/komunikatif

·   Instruktur membuka sesi Materi dengan salam dan doa
·   Instruktur melakukan apersepsi materi  dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·   Instruktur memperkenalkan narasumber/instruktur tamu pada peserta dan mempersilakannya menyampaikan materi
·   Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang telah disampaikan oleh narasumber
·   Dinamika kelompok
·   Diskusi kelas
·   Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
·    Dinamika kelompok
·    Diskusi kelas
·    Modul
·    LCD
·    Kliping Media
·    Kertas panel
·    Spidol

180 menit


3.4   Menjelaskan strategi dakwah Muhammadiyah di berbagai aspek kehidupan


·          Strategi Perjuangan Muhammadiyah
-   Pengertian kepentingan
-   Tujuan dan pokok kebijakan strategi
-   Langkah-langkah strategi


·   Religius
·   Jujur
·   Disiplin
·   Tanggung Jawab
·   Toleransi
·   Kerja Keras
·   Kreatif
·   Demokratis
·   Bersahabat/komunikatif
·   Menghargai Prestasi
·   Cinta Damai
·   Peduli Lingkungan dan Sosial
·   Gemar Membaca
·   Instruktur membuka sesi Materi   dengan salam dan doa
·   Instruktur melakukan apersepsi materi  dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·   Instruktur memperkenalkan narasumber/instruktur tamu pada peserta dan mempersilakannya menyampaikan materi
·   Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang telah disampaikan oleh narasumber
·   Dinamika kelompok
·   Diskusi kelas
·   Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
·    Dinamika kelompok
·    Diskusi kelas
·    Sumbang saran
·    Modul
·    LCD
·    Kertas panel
·    Spidol
·    Kliping media


90 menit

3.5   Menjelaskan strategi dakwah Nasyiatul ‘Aisyiyah di berbagai aspek kehidupan
·          Strategi Perjuangan Nasyiatul ‘Aisyiyah
-   Pengertian kepentingan komponen
-   Tujuan dan pokok strategi
-   Langkah-langkah strategi
·   Religius
·   Jujur
·   Disiplin
·   Tanggung Jawab
·   Toleransi
·   Kerja Keras
·   Kreatif
·   Demokratis
·   Bersahabat/komunikatif
·   Menghargai Prestasi
·   Cinta Damai
·   Peduli Lingkungan dan Sosial
·   Gemar Membaca
·   Instruktur membuka sesi Materi   dengan salam dan doa
·   Instruktur melakukan apersepsi materi  dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·   Instruktur memperkenalkan narasumber/instruktur tamu pada peserta dan mempersilakannya menyampaikan materi
·   Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang telah disampaikan oleh narasumber
·   Dinamika kelompok
·   Diskusi kelas
·   Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
·    Dinamika kelompok
·    Diskusi kelas
·    Sumbang saran
·    Modul
·    LCD
·    Kertas panel
·    Spidol
·    Kliping media


90 menit

3.6  Menjelaskan strategi dakwah ‘Aisyiyah di berbagai aspek kehidupan
·   Strategi Perjuangan ‘Aisyiyah
-   Pengertian kepentingan komponen
-   Tujuan dan pokok strategi
-   Langkah-langkah strategi
·   Religius
·   Jujur
·   Disiplin
·   Tanggung Jawab
·   Toleransi
·   Kerja Keras
·   Kreatif
·   Demokratis
·   Bersahabat/komunikatif
·   Menghargai Prestasi
·   Cinta Damai
·   Peduli Lingkungan dan Sosial
·   Gemar Membaca
·   Instruktur membuka sesi Materi   dengan salam dan doa
·   Instruktur melakukan apersepsi materi  dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·   Instruktur memperkenalkan narasumber/instruktur tamu pada peserta dan mempersilakannya menyampaikan materi
·   Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang telah disampaikan oleh narasumber
·   Dinamika kelompok
·   Diskusi kelas
·   Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
·    Dinamika kelompok
·    Diskusi kelas
·    Sumbang saran
·    Modul
·    LCD
·    Kertas panel
·    Spidol
·    Kliping media


90 menit
4.     Menanamkan nilai-nilai kepemimpinan dan meningkatkan semangat berorganisasi


4.1   Menjelaskan proses manajerial dalam menentukan strategi perjuangan organisasi




·   Manajemen Organisasi
-   Pengertian Proses manajemen strategi
-   Analisis internal
-   Analisis lingkungan
-   Formulasi strategi
-   Implementasi strategi
-   Pengendalian strategi

·   Disiplin
·   Tanggung Jawab
·   Toleransi
·   Kerja Keras
·   Kreatif
·   Demokratis
·   Bersahabat/komunikatif
·   Gemar Membaca
·   Menghargai Prestasi
·   Cinta Damai
·   Peduli Lingkungan dan Sosial
·   Instruktur membuka sesi Materi   dengan salam dan doa
·   Instruktur melakukan apersepsi materi  dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·   Instruktur menyampaikan materi
·   Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang telah disampaikan oleh narasumber
·   Dinamika kelompok
·   Diskusi kelas
·   Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
·    Dinamika kelompok
·    Diskusi kelas
·    Sumbang saran
·    Modul
·    LCD
·    Kertas panel
·    Spidol


90 menit


4.2   Menjelaskan pola kepemimpinan yang bersifat strategis dan taktis


·          Strategi dan Taktik Kepemimpinan
-   Pengertian
-   Strategi Kepemimpinan
-   Taktik Kepemimpinan

·   Religius
·   Jujur
·   Disiplin
·   Tanggung Jawab
·   Toleransi
·   Kerja Keras
·   Kreatif
·   Demokratis
·   Bersahabat/komunikatif
·   Menghargai Prestasi
·   Cinta Damai
·   Peduli Lingkungan dan Sosial
·   Instruktur membuka sesi Materi   dengan salam dan doa
·   Instruktur melakukan apersepsi materi  dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·   Instruktur menyampaikan materi
·   Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang telah disampaikan oleh narasumber
·   Dinamika kelompok
·   Diskusi kelas
·   Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
·    Dinamika kelompok
·    Diskusi kelas
·    Sumbang saran
·    Modul
·    LCD
·    Kertas panel
·    Spidol


90 menit

4.3   Menjelaskan pengertian manajemen konflik dan jenis-jenis konflik
4.4   Memberikan contoh pengelolaan konflik
·          Manajemen Konflik
-   Pengertian
-   Jenis konflik dan sumbernya
-   Pemecahan dan gaya manajemen konflik
·   Religius
·   Jujur
·   Disiplin
·   Tanggung Jawab
·   Toleransi
·   Kerja Keras
·   Kreatif
·   Demokratis
·   Bersahabat/komunikatif
·   Menghargai Prestasi
·   Cinta Damai
·   Peduli Lingkungan dan Sosial
·   Instruktur membuka sesi Materi   dengan salam dan doa
·   Instruktur melakukan apersepsi materi  dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·   Instruktur memperkenalkan narasumber/instruktur tamu pada peserta dan mempersilakannya menyampaikan materi
·   Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang telah disampaikan oleh narasumber atau tugas yang diberikan Instruktur
·   Dinamika kelompok (demonstrasi)
·   Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
·    Dinamika kelompok
·    Sumbang saran
·    Demonstrasi
·    Modul
·    LCD
·    Kertas panel
·    Spidol


90 menit

4.5   Mengidentifikasi jenis-jenis masalah dan cara pemecahannya
·   Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan
-   Pengertian Proses pengambilan keputusan
-   Menemukan dan mendefinisikan masalah
-   Memunculkan dan mengevaluasi solusi alternatif
-   Memilih solusi alternatif
-   Implementasi solusi dan evaluasi hasil

·   Religius
·   Jujur
·   Toleransi
·   Kerja Keras
·   Kreatif
·   Demokratis
·   Bersahabat/komunikatif
·   Menghargai Prestasi
·   Cinta damai

·   Instruktur membuka sesi Materi   dengan salam dan doa
·   Instruktur melakukan apersepsi materi  dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·   Instruktur menyampaikan materi
·   Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk praktik berkomunikasi efektif
·   Dinamika kelompok
·   Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis

·    Dinamika kelompok
·    Demonstrasi
·    Modul
·    LCD
·    Kertas panel
·    Kertas folio
·    Spidol


60 menit

4.6    Menjelaskan visi misi organisasi dan aplikasinya
·   Visi dan Misi Organisasi
-   Visi dan Misi Nasyaitul ‘Aisyiyah
-   Aplikasi Visi dan Misi Nasyiatul ‘Aisyiyah
·   Religius
·   Jujur
·   Toleransi
·   Kerja Keras
·   Kreatif
·   Demokratis
·   Bersahabat/komunikatif
·   Menghargai Prestasi
·   Cinta damai
·   Gemar Membaca

·   Instruktur membuka sesi Materi   dengan salam dan doa
·   Instruktur melakukan apersepsi materi  dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·   Instruktur menyampaikan materi
·   Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi materi yang disampaikan narasumber atau tugas yang diberikan Instruktur
·   Dinamika kelompok
·   Diskusi kelas
·   Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis

·    Dinamika kelompok
·    Diskusi kelas
·    Sumbang saran
·    Modul
·    LCD
·    Kertas panel
·    Kertas folio
·    Spidol


60 menit
5.     Mengembangkan potensi peserta sebagai penunjang keberhasilan aktivitas berorganisasi ataupun aktivitas sehari-hari


5.1   Peserta memiliki pemahaman tentang Public Relation dan Penerapannya

·          Pengantar Public Relation
-   Prngertian
-   Fungsi
-   Penerapan dalam organiasasi

·   Jujur
·   Toleransi
·   Kerja Keras
·   Kreatif
·   Demokratis
·   Bersahabat/komunikatif
·   Menghargai Prestasi

·   Instruktur membuka sesi Materi   dengan salam dan doa
·   Instruktur melakukan apersepsi materi  dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·   Instruktur memperkenalkan narasumber/instruktur tamu pada peserta dan mempersilakannya menyampaikan materi
·   Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk praktik Public Relation
·   Dinamika kelompok
·   Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis

·    Dinamika kelompok
·    Sumbang Saran
·    Demonstrasi
·    Modul
·    LCD
·    Mix/speker
·    Kertas folio
·    Spidol

90 menit


5.2   Peserta memiliki pemahaman tentang penulisan karya ilmiah dan aplikasinya
·   Penulisan Karya Ilmiah
-   Pengertian
-   Tujuan dan Manfaat
-   Sistematika karya ilmiah
·   Kreatif
·   Bersahabat/komunikatif
·   Kerja keras
·   Tanggung Jawab
·   Gemar membaca dan menulis
·   Cinta Tanah Air (menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan menulis sesuai dengan Ejaan yang berlaku)

·   Instruktur membuka sesi Materi   dengan salam dan doa
·   Instruktur melakukan apersepsi materi  dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·   Instruktur memperkenalkan narasumber/instruktur tamu pada peserta dan mempersilakannya menyampaikan materi
·   Instruktur meminta peserta untuk menulis karya ilmiah
·   Peserta menulis karya ilmiah
·   Diskusi kelas
·   Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis

·    Dinamika kelas
·    Demonstrasi
·    Modul
·    LCD
·    Kertas panel
·    Kertas folio
·    Spidol


120 menit
6. Memberi kesadaran pentingnya kelanjutan kegiatan pasca pelatihan


6.1   Peserta mampu mengkerangkakan mater pelatihan
6.2   Peserta mampu membentuk korps ekstrainer dan agenda pasca pelatihan
·          Evaluasi
-   Problem Solving
-   Kerangka Pelatihan
-   Pembentukan Korps ekstrainer
-   Agenda kegiatan
·   Jujur
·   Tanggung jawab
·   Disiplin
·   Kreatif
·   Demokratis
·   Bersahabat/Komunikatif
·   Menghargai Pretasi
·   Instruktur membuka sesi dengan salam dan doa
·   Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang tugas yang diberikan instruktur
·   Dinamika kelompok
·   Diskusi kelas
·   Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis

·    Dinamika kelompok
·    Diskusi kelas
·    Sambung Rasa

·    Modul
·    LCD
·    Kertas panel
·    Kertas folio
·    Spidol


45 menit


 
SILABUS LATIHAN INSTRUKTUR NASYIATUL AISYIYAH I (LINA I)


KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI
NILAI YANG DIKEMBANGKAN
KEGIATAN

METODE
MEDIA
ALOKASI
WAKTU
1.     Memberikan kesadaran akan pentingnya LINA I

1. 1   Dapat menyampaikan motivasi dan harapan mengikuti pelatihan
1. 2   Dapat menyebutkan identitas semua peserta

·          Ekspektasi (kontrak belajar)
-  Perkenalan
        -  Tujuan dan harapan
        -  Peraturan
·   Religius
·   Jujur
·   Toleransi
·   Disiplin
·   Demokratis
·   Bersahabat/
   Komunikatif
·   Instruktur membuka sesi Ekspektasi dengan salam dan doa
·   Instruktur mengajak peserta untuk saling berkenalan dengan metode game/permainan yang menarik
·    Peserta mengadakan perkenalan dalam bentuk game
·   Peserta menuliskan tujuan dan harapan mengikuti LINA I pada kertas panel
·   Instruktur dan peserta memadukan tujuan dan harapan menjadi satu kesatuan
·   Instruktur menyampaikan tujuan pengkaderan LINA I pada peserta
·   Peserta berdiskusi tentang tata tertib/peraturan yang berlaku dalam LINA I
·   Instruktur menutup sesi Ekspektasi dengan salam dan doa penutup majelis
·    Game
·    Diskusi
·    Sumbang saran
·    Modul
·    Kertas Panel
·    Spidol
90 menit
2.     Menanamkan kesadaran beragama dan meningkatkan pengamalannya
2.1   Menjelaskan pengertian PHIM
2.2   Menjelaskan pentingnya PHIM bagi kehidupan bermuhammadiyah




·   Pedoman Hidup Islam Warga Muhammadiyah
-    Aqidah: Esensi penciptaan manusia dan tugas manusia di muka bumi
-    Ibadah: falsafah ibadah
-    Muamalah: membina kesholehan individu
-    Akhlaq: Keteladanan segala aspek kehidupan
·   Religius
·   Jujur
·   Disiplin
·   Tanggung Jawab
·   Mandiri
·   Gemar membaca
·   Cinta Damai
·   Peduli Lingkungan dan Sosial

·   Instruktur membuka sesi Materi PHIM  dengan salam dan doa
·   Instruktur melakukan apersepsi materi PHIM dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi PHIM
·   Instruktur memperkenalkan narasumber/instruktur tamu pada peserta dan mempersilakannya menyampaikan materi
·   Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang telah disampaikan oleh narasumber
·   Dinamika kelompok
·   Diskusi kelas
·   Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
·    Dinamika kelompok
·    Diskusi kelas
·    Modul
·    LCD
·    Kertas panel
·    Spidol
·    Alat Peraga lain yang mendukung dan sesuai


90 menit
3.     Memahami Ideologi Muhammadiyah

3.1   Menjelaskan pemahaman Ideologi Muhammadiyah sebagai ruh gerakan persyarikatan

·   Ideologi Muhammadiyah
   (MKCH)

·   Religius
·   Jujur
·   Disiplin
·   Tanggung Jawab
·   Mandiri
·   Gemar membaca
·   Cinta Damai
·   Peduli Lingkungan dan Sosial


·   Instruktur membuka sesi Materi   dengan salam dan doa
·   Instruktur melakukan apersepsi materi dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·   Instruktur memperkenalkan narasumber/instruktur tamu pada peserta dan mempersilakannya menyampaikan materi
·   Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang telah disampaikan oleh narasumber
·   Dinamika kelompok
·   Diskusi kelas
·   Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis

·    Dinamika kelompok’
·    Diskusi kelas

·    Modul
·    LCD
·    Kertas panel
·    Spidol
·    Alat Peraga lain yang mendukung dan sesuai


90 menit
4.     Membentuk kematangan sikap dan mengelola pengkaderan Nasyiatul ‘Aisyiyah

3.1   Menjelaskan Pengertian kader organisasi Nasyiah

3.2  Menjelaskan sistem pengkaderan Nasyiatul Aisyiyah



·   Sistem Pengkaderan Nasyiatul ‘Aisyiyah (SPNA)
-   Pengertian kader
-   Sistem Kaderisasi dalam Nasyiah
-   Peran pelatihan dalam menyiapkan kader

·   Religius
·   Jujur
·   Kreatif
·   Tanggung Jawab
·   Demokratis
·   Menghargai Prestasi
·   Gemar membaca
·   Bersahabat/komunikatif

·   Instruktur membuka sesi Materi dengan salam dan doa
·   Instruktur melakukan apersepsi materi  dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·   Instruktur menyampaikan materi
·   Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang telah disampaikan oleh narasumber
·   Dinamika kelompok
·   Diskusi kelas
·   Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
·    Dinamika kelompok
·    Diskusi kelas
·    Modul
·    LCD
·    Kliping Media
·    Kertas panel
·    Spidol

180 menit
5.     Meningkatkan pemahaman tentang falsafah pelatihan


4.1   Menjelaskan filosofi pelatihan


·   Falsafah Pelatihan
-   Pengertian Pelatihan dengan metode POD
-   Implementasi Pelatihan dalam organisasi kader
-   Manfaat Pelatihan dengan metode POD

·   Religius
·   Jujur
·   Disiplin
·   Tanggung Jawab
·   Toleransi
·   Kerja Keras
·   Kreatif
·   Demokratis
·   Bersahabat/komunikatif
·   Menghargai Prestasi
·   Cinta Damai
·   Peduli Lingkungan dan Sosial
·   Gemar Membaca
·   Instruktur membuka sesi Materi   dengan salam dan doa
·   Instruktur melakukan apersepsi materi  dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·   Instruktur menyampaikan materi
·   Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang telah disampaikan oleh narasumber
·   Dinamika kelompok
·   Diskusi kelas
·   Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
·    Dinamika kelompok
·    Diskusi kelas
·    Sumbang saran
·    Modul
·    LCD
·    Kertas panel
·    Spidol
·    Kliping media


90 menit
5.     Meningkatkan pemahaman fungsi manajemen dan administrasi pelatihan




5.1  Mengaplikasikan perangkat administrasi pelatihan berdasakan kebutuhan
·   Manajemen dan Administrasi Pelatihan
-   Aplikasi Fungsi Manajemen
-   Manfaat Administrasi Pelatihan
-   Perangkat Administrasi Pelatihan
·   Disiplin
·   Tanggung Jawab
·   Toleransi
·   Kerja Keras
·   Kreatif
·   Demokratis
·   Bersahabat/komunikatif
·   Menghargai Prestasi
·   Cinta Damai
·   Gemar Membaca
·   Instruktur membuka sesi Materi   dengan salam dan doa
·   Instruktur melakukan apersepsi materi  dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·   Instruktur menyampaikan materi
·   Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang telah disampaikan oleh narasumber
·   Dinamika kelompok (Praktik Administrasi Pelatihan)
·   Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
·    Dinamika kelompok
·    Sumbang saran
·    Demonstrasi
·    Modul
·    LCD
·    Kertas panel
·    Spidol
·    Kliping media


120 menit
6.     Meningkatkan pemahaman tentang etika pelatihan


6.1  Menerapkan etika di dalam pembelajaran, etika dalam hubungan antara komponen pesert, fasilitator dan panitia serta lingkungan sekitar

·          Kode Etik Instruktur
-   Sikap muslimah yang terpuji
-   Kepribadian Nasyiatul ‘Aisyiyah
-   Kode Etik Instruktur
·   Religius
·   Jujur
·   Disiplin
·   Tanggung Jawab
·   Toleransi
·   Kerja Keras
·   Kreatif
·   Demokratis
·   Bersahabat/komunikatif
·   Menghargai Prestasi
·   Cinta Damai
·   Peduli Lingkungan dan Sosial
·   Gemar Membaca
·   Instruktur membuka sesi Materi   dengan salam dan doa
·   Instruktur melakukan apersepsi materi  dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·   Instruktur menyampaikan materi
·   Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang telah disampaikan oleh narasumber
·   Dinamika kelompok
·   Diskusi kelas
·   Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
·    Dinamika kelompok
·    Diskusi kelas
·    Sumbang saran
·    Modul
·    LCD
·    Kertas panel
·    Spidol
·    Kliping media


90 menit
7.     Meningkatkan pemahaman berbagai metode dan teknik pelatihan


7.1   Menyebutkan  berbagai Metode pelatihan dan penerapannya




·   Metode Pelatihan
-   Pengertian Metode dan Teknik
-   Pemilihan Penggunaan metode
-   Kelebihan dan kekurangan macam metode
-   Manfaat Variasi Metode


·   Disiplin
·   Tanggung Jawab
·   Toleransi
·   Kerja Keras
·   Kreatif
·   Demokratis
·   Bersahabat/komunikatif
·   Gemar Membaca
·   Menghargai Prestasi

·   Instruktur membuka sesi Materi   dengan salam dan doa
·   Instruktur melakukan apersepsi materi  dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·   Instruktur menyampaikan materi
·   Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang telah disampaikan oleh narasumber
·   Dinamika kelompok (Praktik Metode dan Teknik)
·   Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
·    Dinamika kelompok
·    Sumbang saran
·    Demonstrasi
·    Modul
·    LCD
·    Kertas panel
·    Spidol


90 menit
8.       Meningkatkan pemahaman tentang teknik-teknik evaluasi dalam pelatihan
8.1   Menjelaskan  landasan evaluasi, manfaat evaluasi dan berbagai teknik evaluas

·   Teknik Evaluasi
-    Pengertian
-    Bentuk-bentuk teknik evaluasi
-    Manfaat evaluasi

·   Disiplin
·   Tanggung Jawab
·   Toleransi
·   Kerja Keras
·   Kreatif
·   Demokratis
·   Bersahabat/komunikatif
·   Gemar Membaca
·   Menghargai Prestasi

·   Instruktur membuka sesi Materi   dengan salam dan doa
·   Instruktur melakukan apersepsi materi  dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·   Instruktur menyampaikan materi
·   Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang telah disampaikan oleh narasumber
·   Dinamika kelompok (praktik microteaching)
·   Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
·    Dinamika kelompok
·    Sumbang saran
·    Demonstrasi
·    Modul
·    LCD
·    Kertas panel
·    Spidol


120 menit
9.     Meningkatkan kemampuan menyampaikan materi


9.1   Menerangkan langkah-langkah pembuatan  RSP
9.2   Menentukan langkah-langkah yang benar dalam penyusunan RSP
9.3   Menerapkan RSP dalam pembelajaran pelatihan



·          Microteaching
-   Merancang pelatihan
-   Membuat rencana pembelajaran
-   Praktik Penyampaian Materi

·   Religius
·   Jujur
·   Disiplin
·   Tanggung Jawab
·   Toleransi
·   Kerja Keras
·   Kreatif
·   Demokratis
·   Bersahabat/komunikatif
·   Menghargai Prestasi
·   Cinta Damai
·   Peduli Lingkungan dan Sosial
·   Instruktur membuka sesi Materi   dengan salam dan doa
·   Instruktur melakukan apersepsi materi  dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·   Instruktur menyampaikan materi
·   Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang telah disampaikan oleh narasumber
·   Dinamika kelompok (praktik microteaching)
·   Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
·    Dinamika kelompok
·    Sumbang saran
·    Demonstrasi
·    Modul
·    LCD
·    Kertas panel
·    Spidol


120 menit
9.     Memberi kesadaran pentingnya kelanjutan kegiatan pasca pelatihan


9.1   Peserta mampu mengkerangkakan mater pelatihan
9.2   Peserta mampu membentuk korps ekstrainer dan agenda pasca pelatihan
·          Evaluasi
-   Problem Solving
-   Kerangka Pelatihan
-   Pembentukan Korps ekstrainer
-   Agenda kegiatan
·   Jujur
·   Tanggung jawab
·   Disiplin
·   Kreatif
·   Demokratis
·   Bersahabat/Komunikatif
·   Menghargai Pretasi
·   Instruktur membuka sesi dengan salam dan doa
·   Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang tugas yang diberikan instruktur
·   Dinamika kelompok
·   Diskusi kelas
·   Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis

·    Dinamika kelompok
·    Diskusi kelas
·    Sambung Rasa

·    Modul
·    LCD
·    Kertas panel
·    Kertas folio
·    Spidol


45 menit

SILABUS LATIHAN INSTRUKTUR NASYIATUL AISYIYAH II (LINA II)


KOMPETENSI DASAR
INDIKATOR
MATERI
NILAI YANG DIKEMBANGKAN
KEGIATAN

METODE
MEDIA
ALOKASI
WAKTU
 Standar Kompetensi 1 : Berkepribadian Nasyiah
1.     Memberikan kesadaran akan pentingnya LINA II

1. 1  Dapat menyampaikan motivasi dan harapan mengikuti pelatihan
1. 2  Dapat menyebutkan identitas semua peserta
·   Ekspektasi (kontrak belajar)
-    Perkenalan
-    Tujuan dan harapan
-    Peraturan
·   Religius
·   Jujur
·   Toleransi
·   Disiplin
·   Demokratis
·   Bersahabat/
   Komunikatif
·   Instruktur membuka sesi Ekspektasi dengan salam dan doa
·   Instruktur mengajak peserta untuk saling berkenalan dengan metode game/permainan yang menarik
·    Peserta mengadakan perkenalan dalam bentuk game
·   Peserta menuliskan tujuan dan harapan mengikuti LINA II pada kertas panel
·   Instruktur dan peserta memadukan tujuan dan harapan menjadi satu kesatuan
·   Instruktur menyampaikan tujuan pengkaderan LINA II pada peserta
·   Peserta berdiskusi tentang tata tertib/peraturan yang berlaku dalam LINA II
·   Instruktur menutup sesi Ekspetasi dengan salam dan doa penutup majelis
·    Game
·    Diskusi
·    Sumbang saran
·    Modul
·    Kertas Panel
·    Spidol
90 menit
2.    Memahami Pedoman Hidup Islami Muhamadiyah

1.1.    Menjelaskan pengertian PHIM
1.2.    Menjelaskan pentingnya PHIM bagi kehidupan bermuhammadiyah
1.3.    Menjelaskan substansi dan filosofi PHIM
Pedoman Hidup Islam Warga Muhammadiyah
·      Pengertian PHIM
·      Pentingnya PHIM
·      Filosofi PHIM
·       Substansi PHIM
·   Religius
·   Jujur
·   Disiplin
·   Tanggung Jawab
·   Mandiri
·   Gemar membaca
·   Cinta Damai
·   Peduli Lingkungan dan Sosial
·   Semangat kebangsaan
·   Cinta tanah air

·   Instruktur membuka sesi Materi PHIM dengan salam dan doa
·   Instruktur melakukan apersepsi materi PHIM  dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi PHIM
·   Instruktur memperkenalkan narasumber/instruktur tamu pada peserta dan mempersilakannya menyampaikan materi
·   Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang telah disampaikan oleh narasumber
·   Dinamika kelompok
·   Diskusi kelas
·   Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
·    Dinamika kelompok
·    Diskusi kelas
·    Sumbang saran
·    Modul
·    LCD
·    Kertas panel
·    Spidol
·    Alat Peraga lain yang mendukung dan sesuai


90 menit
3.     Memahami Ideologi Muhammadiyah dan menjadikannya sebagai semangat dakwah
3.1   Menjelaskan  makna Ideologi  Muhammadiyah
3.2. Menjelaskan Gerakan Tajdid Muhammadiyah
3.4. Menjelaskan berbagai cara pemahamanan keagamaan
3.5. Mengidentifikasi dan menginternalisasikan cara  pemahaman keagamaan muhammadiyah

·   Ideologi Muhammadiyah
-    Gerakan Tajdid Muhammadiyah
-    Cara-cara pemahaman keagamaan dalam PHIM
-    Cara pemahaman Agama dalam Muhamadiyah
·   Religius
·   Jujur
·   Kreatif
·   Tanggung Jawab
·   Demokratis
·   Menghargai Prestasi
·   Gemar membaca
·   Bersahabat/komunikatif
·   Instruktur membuka sesi Materi dengan salam dan doa
·   Instruktur melakukan apersepsi materi  dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·   Instruktur memperkenalkan narasumber/instruktur tamu pada peserta dan mempersilakannya menyampaikan materi
·   Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang telah disampaikan oleh narasumber
·   Dinamika kelompok
·   Diskusi kelas
·   Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
·    Dinamika kelompok
·    Diskusi kelas
·    Sumbang saran
·    Modul
·    LCD
·    Kliping Media
·    Kertas panel
·    Spidol

90 menit
4.     Mengelola  dan menerapkan  kehidupan islami dalam lingkungan pelatihan


4.1   Membuat jadwal kegiatan yang menggambarkan kehidupan Islami dalam pelatihan
4.2   Memandu kegiatan kehidupan Islami selama kegiatan
4.3   Membuat suasana lingkungan pelatihan yang Islami


·   Kehidupan Islami dalam Pelatihan
-   Cara menyusun jadwal kegiatan kehidupan Islami
-    Cara merancang suasana pelatihan yang Islami
-   Tugas-tugas Iman training dalam memandu pelatihan

·   Religius
·   Jujur
·   Kreatif
·   Tanggung Jawab
·   Demokratis
·   Menghargai Prestasi
·   Gemar membaca
·   Bersahabat/komunikatif

·   Instruktur membuka sesi Materi dengan salam dan doa
·   Instruktur melakukan apersepsi materi  dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·   Instruktur menyampaikan materi
·   Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang telah disampaikan oleh narasumber
·   Dinamika kelompok
·   Diskusi kelas
·   Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
·    Dinamika kelompok
·    Diskusi kelas
·    Sumbang saran
·    Modul
·    LCD
·    Kliping Media
·    Kertas panel
·    Spidol



90 menit
5.     Memahami dan mengembangkan sistem pengkaderan di nasyiah



5.1  Mengidentifikasi karakteristik organisasi Nasyiah
5.2  Menjelaskan pentingnya pengkaderan di Nasyiah
5.3  Mengidentifikasi model-model pengkaderan dalam kerangka sistem pengkaderan Nasyiah
5.4  Menganalisis sistem pengkaderan Nasyiah dan upayapengembangannya
·   Sistem Pengkaderan Nasyiatul Aisyiyah
-   Karakteristik Organisasi Nasyiatul Aisyiyah
-   Pentingnya Pengkaderan dala organisasi
-   Model-model pengkaderan dalam sistem pengkaderan Nasyiah
-   Strategi Pengembangan Pengkaderan
·   Disiplin
·   Tanggung Jawab
·   Toleransi
·   Kerja Keras
·   Kreatif
·   Demokratis
·   Bersahabat/komunikatif
·   Menghargai Prestasi
·   Cinta Damai
·   Gemar Membaca
·   Instruktur membuka sesi Materi   dengan salam dan doa
·   Instruktur melakukan apersepsi materi  dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·   Instruktur menyampaikan materi
·   Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang telah disampaikan oleh narasumber
·   Dinamika kelompok (Praktik Kurikulum Pelatihan)
·   Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
·    Dinamika kelompok
·    Sumbang saran
·    Demonstrasi
·    Modul
·    LCD
·    Kertas panel
·    Spidol
·    Kliping media


90  menit
Standar Kompetensi 2 : Mampu mengelola Pelatihan di Nasyiah
6.     Memahami manajemen pelatihan


6.1  Menjelaskan pengetian manajemen dan manajemen pelatihan
6.2  Mengidentifikan  tahapan dalam manajemen pelatihan
6.3  Mengklarifikasi setiap tahap pelatihan
6.4  Menjelaskan unsur-unsur yang telibat dalam pelatihan di Nasyiah
6.5  Mengidentifikasi tugas-tugas setiap unsur pelatihan dalam Nasyiah

·   Manajemen Pelatihan
-   Pengertian manajemen dan manajemen pelatihan
-   Tahapan dalam manajemen pelatihan
-   Unsur-unsur yang terlibat dalam pelatihan di Nasyiah
-   Tugas-tugas setiap unsur pelatihan dalam Nasyiah

·   Jujur
·   Kerja Keras
·   Tanggung Jawab
·   Kreatif
·   Demokratis
·   Bersahabat/komunikatif
·   Menghargai Prestasi
·   Gemar Membaca
·   Instruktur membuka sesi Materi   dengan salam dan doa
·   Instruktur melakukan apersepsi materi  dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·   Instruktur menyampaikan materi
·   Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang telah disampaikan oleh narasumber
·   Dinamika kelompok
·   Diskusi kelas
·   Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
·    Dinamika kelompok
·    Diskusi kelas
·    Sumbang saran
·    Modul
·    LCD
·    Kertas panel
·    Spidol
·    Kliping media


90 menit
7.    Memahami TNA (Training Needs Assesment)



7.1   Menjelaskan pengertian TNA
7.2   Mengidentifikan elemen-elemen TNA
7.3   Mengidentifikasi cara-cara melakukan TNA
7.4   Menyusun TNA




·   Training Needs Assesment
-    pengertian TNA
-    elemen-elemen TNA
-    cara-cara melakukan TNA
-    Menyusun TNA


·   Disiplin
·   Tanggung Jawab
·   Toleransi
·   Kerja Keras
·   Kreatif
·   Demokratis
·   Bersahabat/komunikatif
·   Gemar Membaca
·   Menghargai Prestasi

·   Instruktur membuka sesi Materi   dengan salam dan doa
·   Instruktur melakukan apersepsi materi  dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·   Instruktur menyampaikan materi
·   Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang telah disampaikan oleh narasumber
·   Dinamika kelompok
·   Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
·    Dinamika kelompok
·    Sumbang saran

·    Modul
·    LCD
·    Kertas panel
·    Spidol


180 (135) menit
8.     Memahami Struktur Kurikulum Pelatihan


8.1   Membedakan sasaran kompetensi dalam pendidikan dan pelatihan
8.2   Menjelaskan kompetensi yang akan dicapai dalam pelatihan (Life Skill)
8.3   Mengidentifikasi unsur-unsur dalam penyusunan kurikulum



·          Kurikulum Pelatihan
-   sasaran kompetensi dalam pendidikan dan pelatihan
-   kompetensi yang akan dicapai dalam pelatihan (Life Skill)
-   unsur-unsur dalam penyusunan kurikulum


·   Religius
·   Jujur
·   Disiplin
·   Tanggung Jawab
·   Toleransi
·   Kerja Keras
·   Kreatif
·   Demokratis
·   Bersahabat/komunikatif
·   Menghargai Prestasi
·   Cinta Damai
·   Peduli Lingkungan dan Sosial
·   Instruktur membuka sesi Materi   dengan salam dan doa
·   Instruktur melakukan apersepsi materi  dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·   Instruktur menyampaikan materi
·   Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang telah disampaikan oleh narasumber
·   Dinamika kelompok (praktik microteaching)
·   Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
·    Dinamika kelompok
·    Sumbang saran
·    Demonstrasi
·    Modul
·    LCD
·    Kertas panel
·    Spidol


90 menit
9.     Memahami evaluasi  program Pelatihan
9.1   Menjelaskan pengertian Evaluasi program
9.2   Menjelaskan model Evaluasi Program
9.3   Merancang evaluasi program pelatihan
·          Evaluasi Program Pelatihan
-    Pengetian Evaluasi program
-    Model-model evaluasi program
-    Menyusun evaluasi program pelatihan
·   Jujur
·   Tanggung jawab
·   Disiplin
·   Kreatif
·   Demokratis
·   Bersahabat/Komunikatif
·   Menghargai Pretasi
·   Instruktur membuka sesi Materi   dengan salam dan doa
·   Instruktur melakukan apersepsi materi  dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·   Instruktur menyampaikan materi
·   Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang telah disampaikan oleh narasumber
·   Dinamika kelompok (praktik microteaching)
·   Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
·    Dinamika kelompok
·    Sumbang saran
·    Demonstrasi
·    Modul
·    LCD
·    Kertas panel
·    Spidol


90 menit
10. Menyusun Desain Pelatihan
10.1 Menjelaskan pengertian desain pelatihan
10.2 mengidentifikasi unsure-unsur dalam desain pelatihan
10.3 Menjelaskan setiap unsur desain pelatihan
10.4 Menyusun desain pelatihan
·          Desain Pelatihan
-    Pengertian Desain pelatihan
-    Unsur-unsur desain pelatihan
-    Menyusun desain pelatihan
·   Jujur
·   Tanggung jawab
·   Disiplin
·   Kreatif
·   Demokratis
·   Bersahabat/Komunikatif
·   Menghargai Pretasi
·   Instruktur membuka sesi Materi   dengan salam dan doa
·   Instruktur melakukan apersepsi materi  dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·   Instruktur menyampaikan materi
·   Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang telah disampaikan oleh narasumber
·   Dinamika kelompok (praktik microteaching)
·   Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
·    Dinamika kelompok
·    Sumbang saran
·    Demonstrasi
·    Modul
·    LCD
·    Kertas panel
·    Spidol

360 menit
9.     Memberi kesadaran pentingnya kelanjutan kegiatan pasca pelatihan


9.1   Peserta mampu mengkerangkakan mater pelatihan
9.2   Peserta mampu membentuk korps ekstrainer dan agenda pasca pelatihan
·          Evaluasi
-   Problem Solving
-   Kerangka Pelatihan
-   Pembentukan Korps ekstrainer
-   Agenda kegiatan
·   Jujur
·   Tanggung jawab
·   Disiplin
·   Kreatif
·   Demokratis
·   Bersahabat/Komunikatif
·   Menghargai Pretasi
·   Instruktur membuka sesi dengan salam dan doa
·   Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang tugas yang diberikan instruktur
·   Dinamika kelompok
·   Diskusi kelas
·   Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis

·    Dinamika kelompok
·    Diskusi kelas
·    Sambung Rasa

·    Modul
·    LCD
·    Kertas panel
·    Kertas folio
·    Spidol


45 menit


4 komentar:

  1. Bismillaah...
    Saya ijin copy SPNA nya ya mbak, sebagai acuan kami berkegiatan...
    Terima kasih

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarrakaatuuh, perkenalkan, saya Palupi dari PRNA Sendangmulyo, Sleman, Yogyakarta.. mohon izin untuk menyalin silabus yang dimuat di laman web ini nggih mbak Amin Nurita Fajar A... jazaakillahu khayran katsir mbak... albirru manittaqo ^.^9

    BalasHapus
  3. Assalamualaikum... Saya ijin copas ya, yunda Amin Nurita. Bermanfaat sangat

    BalasHapus