SILABUS PERKADERAN
FORMAL
NASYIATUL AISYIYAH
Assalaamu’alaikum wr. wb.
Alhamdulillaahi rabbil ‘aalamiin.. Puji syukur kita panjatkan ke hadirat
Allah SwT, atas ridha-Nya kami dapat menyusun dan menyelesaikan revisi Silabus
Perkaderan Formal Nasyiatul Aisyiyah. Revisi silabus kami lakukan sebagai
langkah awal untuk menyusul modul pelatihan yang nantinya diharapkan dapat
digunakan sebagai acuan pelaksanaan perkaderan formal di semua tingkatan
Nasyiatul Aisyiyah.
Silabus SPNA
memerlukan beberapa perubahan untuk disesuaikan dengan kebutuhan pengkaderan.
Dalam revisi yang sudah dilakukan terdapat seluruh aspek pendidikan yang
menjadi point of view, yaitu
psikomotorik, afektif, dan kognitif. Dalam proses kaderisasi modul menjadi hal
yang sangat penting dan menjadi rujukan utama, sehingga banyak hal pertimbangan
dan referensi yang dilakukan untuk memperkaya nilai intrinsic dari modul SPNA.
Beberapa catatan perlu kami sampaikan di sini yaitu :
1. Jika secara materi belum memungkinkan untuk disampaikan secara mandiri
oleh tim instruktur Nasyiatul Aisyiyah, maka penyampaikan materi dapat
mendatangkan nara sumber atau instruktur tamu yang kompeten sesuai bidangnya.
2. Metode penyampaian sangat bervariatif, dapat dikembangkan sesuai
dengan kondisi yang ada.
Revisi Silabus ini tentunya masih banyak kekurangan di sana-sini, untuk
itu kritik dan saran/masukan dari semua pihak akan sangat berguna.
Wassalaamu’alaikum wr. wb.
Tim
Penyusun
Departemen Kader
Pimpinan
Pusat Nasyiatul Aisyiyah
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
|
NILAI YANG DIKEMBANGKAN
|
KEGIATAN
|
METODE
|
MEDIA
|
ALOKASI
WAKTU
|
1 Memberikan kesadaran akan pentingnya DANA I
|
1.1 Dapat menyampaikan motivasi dan harapan mengikuti
pelatihan
1.2 Dapat menyebutkan identitas semua peserta
|
Ekspektasi
(kontrak belajar)
1. Perkenalan
2. Tujuan dan harapan
3. Peraturan
|
·
Religius
·
Jujur
·
Toleransi
·
Disiplin
·
Demokratis
·
Bersahabat/
Komunikatif
|
·
Instruktur
membuka sesi Ekspektasi dengan salam dan doa
·
Instruktur
mengajak peserta untuk saling berkenalan dengan metode game/permainan yang
menarik
·
Peserta mengadakan perkenalan dalam bentuk
game
·
Peserta
menuliskan tujuan dan harapan mengikuti DANA I pada kertas panel
·
Instruktur
dan peserta memadukan tujuan dan harapan menjadi satu kesatuan
·
Instruktur
menyampaikan tujuan pengkaderan DANA I pada peserta
·
Peserta
berdiskusi tentang tata tertib/peraturan yang berlaku dalam DANA I
·
Instruktur
menutup sesi Ekspetasi dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Game
·
Diskusi
·
Sumbang
saran
|
· Modul
· Kertas Panel
· Spidol
|
90
menit
|
Standar Kompetensi 1. : Memiliki kesadaran
beragama
|
|||||||
2 Menanamkan kesadaran beragama dan meningkatkan pengamalannya
|
2.1 Menyebutkan dasar-dasar ajaran Islam (konsep Iman,
Islam, Ikhsan)
2.2 Memberikan contoh dalam kehidupan sehari-hari
|
Al-Islam
·
Konsep
Iman, Islam, dan Ihsan
·
Aplikasi
ke-Islaman dalam kehidupan sehari-hari
|
· Religius
·
Jujur
·
Disiplin
·
Tanggung
Jawab
|
·
Instruktur
membuka sesi Materi Al-Islam dengan salam dan doa
·
Instruktur
melakukan apersepsi materi Al-Islam dengan peserta untuk mengetahui kesiapan
dan pemahaman peserta tentang materi Al-Islam
·
Instruktur
memperkenalkan narasumber/instruktur tamu pada peserta
dan mempersilakannya menyampaikan materi
·
Instruktur
membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang
telah disampaikan oleh narasumber
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Instruktur
menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
|
· Modul
· LCD
· Kertas panel
· Spidol
· Alat Peraga lain yang mendukung dan sesuai
|
90 menit
|
Standar Kompetensi 3. : Memiliki kesadaran
berorganisasi
|
|||||||
3
Menanamkan kesadaran
dan kecintaan terhadap organisasi Muhammadiyah
|
3.1
Menceritakan
berdirinya Muhammadiyah
3.2 Menyebutkan dasar-dasar perjuangan
Muhammadiyah
|
·
Kemuhammadiyahan
- Sejarah Berdirinya Muhammadiyah
- Khittah Perjuangan Muhammadiyah
|
·
Religius
·
Jujur
·
Disiplin
·
Tanggung
Jawab
·
Toleransi
·
Kerja
Keras
·
Kreatif
·
Demokratis
·
Mandiri
·
Bersahabat/komunikatif
·
Semangat
kebangsaan
·
Cinta
Tanah Air
·
Menghargai
Prestasi
·
Cinta
Damai
·
Peduli
Lingkungan dan Sosial
·
Gemar
Membaca
|
·
Instruktur
membuka sesi Materi Khittah Perjuangan Muhammadiyah dengan salam dan doa
·
Instruktur
melakukan apersepsi materi dengan
peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·
Instruktur
memperkenalkan narasumber/instruktur tamu pada peserta dan mempersilakannya
menyampaikan materi
·
Menyaksikan
pemutaran film “Sang Pencerah”
·
Instruktur
membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang
telah disampaikan oleh narasumber dan tayangan film
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Instruktur
menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis Instruktur menutup sesi Ekspetasi
dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
|
· Modul
· LCD
· Film ‘Sang Pencerah”
· Kliping Media
· Kliping Tokoh
· Kertas panel
· Spidol
|
180
menit
|
|
3.3
Menceritakan
sejarah berdirinya Nasyiatul Aisyiyah
3.4 Menyebutkan ciri-ciri kepribadian Nasyiatul
Aisyiyah
|
·
KeNasyiatul
Aisyiyahan
- Sejarah Ringkas Nasyiatul ‘Aisyiyah
- Kepribadian Nasyiatul ‘Aisyiyah
|
·
Religius
·
Jujur
·
Disiplin
·
Tanggung
Jawab
·
Toleransi
·
Kerja
Keras
·
Kreatif
·
Demokratis
·
Mandiri
·
Bersahabat/komunikatif
·
Menghargai
Prestasi
·
Cinta
Damai
·
Peduli
Lingkungan dan Sosial
·
Gemar
Membaca
|
·
Instruktur
membuka sesi Materi dengan salam dan
doa
·
Instruktur
melakukan apersepsi materi dengan
peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·
Instruktur
memperkenalkan narasumber/instruktur tamu pada peserta dan mempersilakannya
menyampaikan materi
·
Instruktur
membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang
telah disampaikan oleh narasumber
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Instruktur
menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Sumbang
saran
|
· Modul
· LCD
· Kertas panel
· Spidol
· Kliping media
|
90
menit
|
|
3.5
Menceritakan
sejarah Aisyiyah
3.6 Menyebutkan ciri-ciri kepribadian
Aisyiyah
|
· KeAisyiyahan
- Sejarah ringkas ‘Aisyiyah
- Kepribadian ‘Aisyiyah
|
·
Religius
·
Jujur
·
Disiplin
·
Tanggung
Jawab
·
Toleransi
·
Kerja
Keras
·
Kreatif
·
Demokratis
·
Berasahabat/komunikatif
·
Mandiri
·
Semangat
kebangsaan
·
Cinta
Tanah Air
·
Menghargai
Prestasi
·
Cinta
Damai
·
Peduli
Lingkungan dan Sosial
·
Gemar
Membaca
|
·
Instruktur
membuka sesi Materi dengan salam dan
doa
·
Instruktur
melakukan apersepsi materi dengan
peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·
Instruktur
memperkenalkan narasumber/instruktur tamu pada peserta dan mempersilakannya
menyampaikan materi
·
Diskusi
kelas
·
Instruktur
menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Diskusi
kelas
·
Sumbang
saran
|
· Modul
· LCD
· Kertas panel
· Spidol
· Kliping media
|
45
menit
|
4 Menanamkan nilai-nilai kepemimpinan dan kecintaan berorganisasi
|
4.1 Menguraikan definisi kepemimpinan
4.2
Menyebutkan
nilai-nilai kepemimpinan Rosulullah
4.3
Menerapkan
nilai-nilai kepemimpinan dalam kehidupan sehari-hari
|
· Kepemimpinan
- Pengertian Kepemimpinan
- Kepemimpinan Rasulullah SAW
ĂĽ Sejarah Ringkas Rasulullah SAW
ĂĽ Sifat-sifat kepemimpinan Rasulullah dan
Sahabat-sahabatnya
ĂĽ Realisasi dalam kehidupan berorganisasi
|
·
Religius
·
Jujur
·
Disiplin
·
Tanggung
Jawab
·
Toleransi
·
Kerja
Keras
·
Kreatif
·
Demokratis
·
Mandiri
·
Bersahabat/komunikatif
·
Menghargai
Prestasi
·
Cinta
Damai
·
Peduli
Lingkungan dan Sosial
|
·
Instruktur
membuka sesi Materi dengan salam dan
doa
·
Instruktur
melakukan apersepsi materi dengan
peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·
Instruktur
menyampaikan materi
·
Instruktur
membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang
telah disampaikan oleh narasumber
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Instruktur
menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Sumbang saran
|
· Modul
· LCD
· Kertas panel
· Spidol
|
|
|
4.4 Menguraikan pengertian organisasi
4.5 Menguraikan unsur-unsur organisasi
4.6 Menguraikan tujuan dan manfaat berorganisasi
|
·
Pengantar
Organisasi
- Pengertian Organisasi
- Prinsip organisasi
- Tujuan dan Manfaat organisasi
|
·
Disiplin
·
Tanggung
Jawab
·
Kerja
Keras
·
Toleransi
·
Demokrasi
·
Menghargai
prestasi
·
Bersahabat/komunikatif
|
·
Instruktur
membuka sesi Materi dengan salam dan
doa
·
Instruktur
melakukan apersepsi materi dengan
peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·
Instruktur
menyampaikan materi
·
Instruktur
membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang
telah disampaikan oleh narasumber
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Instruktur
menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Sumbang
saran
|
· Modul
· LCD
· Kertas panel
· Spidol
|
90
menit
|
|
4.7 Menyebutkan kandungan AD/ART secara umum
|
·
AD/ART
Nasyiatul ‘Aisyiyah
|
·
Disiplin
·
Tanggung Jawab
·
Kerja
Keras
·
Toleransi
·
Demokrasi
·
Menghargai
prestasi
·
Bersahabat/komunikatif
|
·
Instruktur
membuka sesi Materi dengan salam dan
doa
·
Instruktur
melakukan apersepsi materi dengan
peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·
Instruktur
menyampaikan materi
·
Instruktur
membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang
telah disampaikan oleh narasumber
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Instruktur
menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Sumbang
saran
|
· Modul
· LCD
· Kertas panel
· Spidol
|
90
menit
|
|
4.8 Menguraikan secara ringkas administrasi organisasi Nasyiatul
Aisyiyah
4.9 Membuat contoh penyusunan administrasi Nasyiatul
Aisyiyah
|
·
Kesekretariatan
Organisasi
- Pengertian
- Tujuan dan manfaat
- Contoh
|
·
Disiplin
·
Tanggung
Jawab
·
Kerja
Keras
·
Menghargai
prestasi
·
Bersahabat/komunikatif
|
·
Instruktur
membuka sesi Materi dengan salam dan
doa
·
Instruktur
melakukan apersepsi materi dengan
peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·
Instruktur
menyampaikan materi
·
Instruktur
membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk praktik kesekretariatan
·
Dinamika
kelompok
·
Instruktur
menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Dinamika
kelompok
·
Demonstrasi
|
· Modul
· LCD
· Komputer/
NoteBook
· Kertas panel
· Kertas folio
· Spidol
|
60
menit
|
Standar Kompetensi 3. : Memahami potensi
diri
|
|||||||
5 Mengembangkan potensi peserta sebagai penunjang keberhasilan aktivitas berorganisasi
ataupun aktivitas sehari-hari
|
5.1 Mampu mempraktekkan teknik-teknik berpidato di depan umum sebagai salah
satu bentuk komunikasi
|
·
Retorika
- Pengertian
- Tujuan dan Manfaat
- Teknik
|
·
Jujur
·
Kerja
keras
·
Bersahabat/Komunikatif
·
Menghargai
Prestasi
·
Tanggung
jawab
|
·
Instruktur
membuka sesi Materi dengan salam dan
doa
·
Instruktur
melakukan apersepsi materi dengan
peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·
Instruktur
menyampaikan materi
·
Peserta
Praktik Berpidato
·
Instruktur
menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Demonstrasi
|
· Modul
· LCD
· Mix/speker
· Kertas folio
· Spidol
|
120 menit
|
|
5.2 Menyebutkan pengertian psikologi remaja
5.3 Menyebutkan tahap-tahap remaja
5.4 Menyebutkan masalah-masalah yang dihadapi remaja
5.5 Menyebutkan solusi-solusi dari permasalan remaja.
|
·
Psikologi
Remaja
- Pengertian
- Tahap Perkembangan
- Masalah yang terjadi pada remaja dan cara mengatasinya
|
·
Tanggung
Jawab
·
Toleransi
·
Kerja
Keras
·
Kreatif
·
Demokratis
·
Mandiri
·
Bersahabat/komunikatif
·
Menghargai
Prestasi
·
Cinta Damai
·
Peduli
Lingkungan dan Sosial
|
·
Instruktur
membuka sesi Materi dengan salam dan
doa
·
Instruktur
melakukan apersepsi materi dengan
peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·
Instruktur
memperkenalkan narasumber/instruktur tamu pada peserta dan mempersilakannya
menyampaikan materi
·
Instruktur
membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang
disampaikan narasumber atau tugas yang diberikan instruktur
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Instruktur
menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
|
· Modul
· LCD
· Kertas panel
· Kertas folio
· Spidol
|
90
menit
|
6 Memberi kesadaran pentingnya kelanjutan kegiatan pasca pelatihan
|
6.1 Mampu membuat kerangka materi pelatihan
6.2 Mampu membentuk korps ekstrainer dan agenda pasca
pelatihan
|
·
Evaluasi
- Problem Solving
- Kerangka Pelatihan
- Pembentukan Korps ekstrainer
- Agenda kegiatan
|
·
Jujur
·
Tanggung
jawab
·
Disiplin
·
Kreatif
·
Demokratis
·
Bersahabat/Komunikatif
·
Menghargai
Pretasi
|
·
Instruktur
membuka sesi dengan salam dan doa
·
Instruktur
membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang tugas yang
diberikan instruktur
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Instruktur
menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Sambung Rasa
|
· Modul
· LCD
· Kertas panel
· Kertas folio
· Spidol
|
45
menit
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
|
NILAI YANG DIKEMBANGKAN
|
KEGIATAN
|
METODE
|
MEDIA
|
ALOKASI
WAKTU
|
1. Memberikan kesadaran akan pentingnya DANA II
|
1.1 Dapat menyampaikan motivasi dan harapan mengikuti
pelatihan
1.2 Dapat menyebutkan identitas semua peserta
|
·
Ekspektasi
(kontrak belajar)
- Perkenalan
- Tujuan dan harapan
- Peraturan
|
·
Religius
·
Jujur
·
Toleransi
·
Disiplin
·
Demokratis
·
Bersahabat/
Komunikatif
|
·
Instruktur
membuka sesi Ekspektasi dengan salam dan doa
·
Instruktur
mengajak peserta untuk saling berkenalan dengan metode game/permainan yang
menarik
·
Peserta mengadakan perkenalan dalam bentuk
game
·
Peserta
menuliskan tujuan dan harapan mengikuti DANA II pada kertas panel
·
Instruktur
dan peserta memadukan tujuan dan harapan menjadi satu kesatuan
·
Instruktur
menyampaikan tujuan pengkaderan DANA II pada peserta
·
Peserta
berdiskusi tentang tata tertib/peraturan yang berlaku dalam DANA II
·
Instruktur
menutup sesi Ekspetasi dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Game
·
Diskusi
·
Sumbang
saran
|
· Modul
· Kertas Panel
· Spidol
|
90
menit
|
Standar Kompetensi 1. : Memiliki kesadaran
beragama
|
|||||||
2. Menanamkan kesadaran beragama dan meningkatkan pengamalannya
|
2.1
Menjelaskan aqidah
yang lurus dan berbagai penyakit aqidah
2.2
Mampu
menjelaskan ibadah mahdloh dan ghairumahdloh
2.3 Mampu membedakan akhlaqul karimah dengan
akhlaqul madzmumah
|
· Al Islam
- Konsep Islam tentang kualitas manusia dan moralitas
- Implementasi dalam berbagai aspek kehidupan
|
·
Religius
·
Jujur
·
Disiplin
·
Tanggung
Jawab
|
·
Instruktur
membuka sesi Materi Al-Islam dengan salam dan doa
·
Instruktur
melakukan apersepsi materi Al-Islam dengan peserta untuk mengetahui kesiapan
dan pemahaman peserta tentang materi Al-Islam
·
Instruktur
memperkenalkan narasumber/instruktur tamu pada peserta dan mempersilakannya
menyampaikan materi
·
Instruktur
membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang
telah disampaikan oleh narasumber
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Instruktur
menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
|
· Modul
· LCD
· Kertas panel
· Spidol
· Alat Peraga lain yang mendukung dan sesuai
|
90 menit
|
Standar Kompetensi 2. : Memiliki kesadaran
menggerakkan organisasi
|
|||||||
3. Menanamkan kesadaran dan kecintaan terhadap organisasi Muhammadiyah
|
3.1 Menjelaskan
gerakan dakwah dan social Muhammadiyah
3.2 Memberikan contoh gerakan dakwah dan social
Muhammadiyah
|
·
Kemuhammadiyahan
(Prinsip
Muhammadiyah sebagai Gerakan Islam)
- Pengertian Gerakan Islam
- Strategi Muhammadiyah dalam Gerakan Islam
|
·
Religius
·
Jujur
·
Disiplin
·
Tanggung
Jawab
·
Toleransi
·
Kerja
Keras
·
Kreatif
·
Demokratis
·
Mandiri
·
Bersahabat/komunikatif
·
Semangat
kebangsaan
·
Cinta
Tanah Air
·
Menghargai
Prestasi
·
Cinta
Damai
·
Peduli
Lingkungan dan Sosial
·
Gemar
Membaca
|
·
Instruktur
membuka sesi Materi dengan salam dan doa
·
Instruktur
melakukan apersepsi materi dengan
peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·
Instruktur
memperkenalkan narasumber/instruktur tamu pada peserta dan mempersilakannya
menyampaikan materi
·
Instruktur
membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang
telah disampaikan oleh narasumber dan tayangan film
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Instruktur
menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
|
· Modul
· LCD
· Kliping Media
· Kertas panel
· Spidol
|
180 menit
|
|
3.3 Menjelaskan aktivitas gerakan social Nasyiatul
Aisyiyah
3.4 Menjelaskan fungsi dan peran Nasyiatul
Aisyiyah sebagai kader Persyarikatan
|
· KeNasyiatul Aisyiyahan
(Nasyiatul
‘Aisyiyah sebagai Kader Persyarikatan)
- Ortom-ortom di Muhammadiyah
- Fungsi dan Peran Nasyiah
|
·
Religius
·
Jujur
·
Disiplin
·
Tanggung
Jawab
·
Toleransi
·
Kerja
Keras
·
Kreatif
·
Demokratis
·
Mandiri
·
Bersahabat/komunikatif
·
Menghargai
Prestasi
·
Cinta
Damai
·
Peduli
Lingkungan dan Sosial
·
Gemar
Membaca
|
·
Instruktur
membuka sesi Materi dengan salam dan
doa
·
Instruktur
melakukan apersepsi materi dengan
peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·
Instruktur
memperkenalkan narasumber/instruktur tamu pada peserta dan mempersilakannya
menyampaikan materi
·
Instruktur
membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang
telah disampaikan oleh narasumber
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Instruktur
menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Sumbang
saran
|
· Modul
· LCD
· Kertas panel
· Spidol
· Kliping media
|
90
menit
|
4. Menanamkan nilai-nilai kepemimpinan dan meningkatkan semangat
berorganisasi
|
4.1 Menjelaskan
struktur dan bentuk organisasi
4.2 Menjelaskan wewenang dan tanggung jawab
pelaksana organisasi
|
·
Keorganisasian
- Struktur Organisasi
- Bentuk Organisasi
- Wewenang dan Tanggung Jawab
- Desain Organisasi
|
·
Disiplin
·
Tanggung
Jawab
·
Toleransi
·
Kerja
Keras
·
Kreatif
·
Demokratis
·
Bersahabat/komunikatif
·
Gemar
Membaca
·
Menghargai
Prestasi
·
Cinta
Damai
·
Peduli
Lingkungan dan Sosial
|
·
Instruktur
membuka sesi Materi dengan salam dan
doa
·
Instruktur
melakukan apersepsi materi dengan
peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·
Instruktur
menyampaikan materi
·
Instruktur
membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang
telah disampaikan oleh narasumber
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Instruktur
menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Sumbang
saran
|
· Modul
· LCD
· Kertas panel
· Spidol
|
|
|
4.3 Menjelaskan pengertian psikologi social
dan factor yang mempengaruhi perilaku individu dan kelompok sebagai
sasaran dakwah Nasyiatul ‘Aisyiyah
4.4 Memberikan
contoh implementasi pada Nasyiatul Aisyiyah
|
·
Psikologi
Sosial
- Pengertian
- Faktor yang mempengaruhi perilaku individu dan kelompok
- Praduga dan deskriminasi
- Implementasi pada Nasyiatul ‘Aisyiyah
|
·
Religius
·
Jujur
·
Disiplin
·
Tanggung
Jawab
·
Toleransi
·
Kerja
Keras
·
Kreatif
·
Demokratis
·
Bersahabat/komunikatif
·
Menghargai
Prestasi
·
Cinta
Damai
·
Peduli
Lingkungan dan Sosial
|
·
Instruktur
membuka sesi Materi dengan salam dan
doa
·
Instruktur
melakukan apersepsi materi dengan
peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·
Instruktur
memperkenalkan narasumber/instruktur tamu pada peserta dan mempersilakannya
menyampaikan materi
·
Instruktur
membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang
telah disampaikan oleh narasumber
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Instruktur
menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Sumbang
saran
|
· Modul
· LCD
· Kertas panel
· Spidol
|
90
menit
|
|
4.5 Menjelaskan
pengertian manajemen dan manajer
|
·
Manajemen
- Pengertian
- Proses Manajemen
- Tantangan Perubahan
|
·
Religius
·
Jujur
·
Disiplin
·
Tanggung
Jawab
·
Toleransi
·
Kerja
Keras
·
Kreatif
·
Demokratis
·
Bersahabat/komunikatif
·
Menghargai
Prestasi
·
Cinta
Damai
·
Peduli
Lingkungan dan Sosial
|
·
Instruktur
membuka sesi Materi dengan salam dan
doa
·
Instruktur
melakukan apersepsi materi dengan
peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·
Instruktur
menyampaikan materi
·
Instruktur
membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang
telah disampaikan oleh narasumber
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Instruktur
menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Sumbang
saran
|
· Modul
· LCD
· Kertas panel
· Spidol
|
90
menit
|
|
4.6 Menjelaskan pengertian komunikasi dan
bentuk-bentuk komunikasi
4.7 Memberikan
contoh hambatan komunikasi dan solusinya.
|
·
Komunikasi
Organisasi
- Pengertian
- Macam-macam komunikasi
- Persepsi dalam komunikasi
- Hambatan komunikasi efektif
- Memperbaiki komunikasi
|
·
Jujur
·
Toleransi
·
Kerja
Keras
·
Kreatif
·
Demokratis
·
Bersahabat/komunikatif
·
Menghargai
Prestasi
|
·
Instruktur
membuka sesi Materi dengan salam dan doa
·
Instruktur
melakukan apersepsi materi dengan
peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·
Instruktur
menyampaikan materi
·
Instruktur
membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk praktik berkomunikasi efektif
·
Dinamika kelompok
·
Instruktur
menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Dinamika
kelompok
·
Demonstrasi
|
· Modul
· LCD
· Kertas panel
· Kertas folio
· Spidol
|
60
menit
|
5. Mengembangkan potensi peserta sebagai penunjang keberhasilan aktivitas
berorganisasi ataupun aktivitas sehari-hari
|
5.1 Menjelaskan pengertian,
fungsi dan penerapan Human Relation dalam organisasi
|
·
Pengantar
Human Relation
- Pengertian
- Fungsi
- Penerapan dalam organiasasi
|
·
Jujur
·
Toleransi
·
Kerja
Keras
·
Kreatif
·
Demokratis
·
Bersahabat/komunikatif
·
Menghargai
Prestasi
|
·
Instruktur
membuka sesi Materi dengan salam dan
doa
·
Instruktur
melakukan apersepsi materi dengan
peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·
Instruktur
memperkenalkan narasumber/instruktur tamu pada peserta dan mempersilakannya
menyampaikan materi
·
Instruktur
membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk praktik Human Relation
·
Dinamika
kelompok
·
Instruktur
menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Dinamika
kelompok
·
Sumbang
Saran
·
Demonstrasi
|
· Modul
· LCD
· Kertas folio
· Spidol
|
90 menit
|
|
5.2 Menjelaskan
pengertian, tujuan dan manfaat proposal
5.3 Membuat
proposal sesuai sistematika.
|
·
Pembuatan
Proposal
- Pengertian
- Tujuan dan Manfaat
- Sistematika Proposal
|
·
Kreatif
·
Bersahabat/komunikatif
·
Kerja
keras
·
Tanggung
Jawab
|
·
Instruktur
membuka sesi Materi dengan salam dan
doa
·
Instruktur
melakukan apersepsi materi dengan
peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·
Instruktur
menyampaikan materi
·
Instruktur
membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk membuat proposal
·
Dinamika
kelompok
·
Instruktur
menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Dinamika
kelompok
·
Demonstrasi
|
· Modul
· LCD
· Kertas panel
· Kertas folio
· Spidol
|
120
menit
|
6. Memberi kesadaran pentingnya kelanjutan kegiatan pasca pelatihan
|
6.1 Mampu membuat
kerangka materi pelatihan
6.2 Mampu
membentuk korps ekstrainer dan agenda pasca pelatihan
|
·
Evaluasi
- Problem Solving
- Kerangka Pelatihan
- Pembentukan Korps ekstrainer
- Agenda kegiatan
|
·
Jujur
·
Tanggung
jawab
·
Disiplin
·
Kreatif
·
Demokratis
·
Bersahabat/Komunikatif
·
Menghargai
Pretasi
|
·
Instruktur
membuka sesi dengan salam dan doa
·
Instruktur
membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang tugas yang
diberikan instruktur
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Instruktur
menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Sambung
Rasa
|
· Modul
· LCD
· Kertas panel
· Kertas folio
· Spidol
|
45
menit
|
.
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
|
NILAI YANG DIKEMBANGKAN
|
KEGIATAN
|
METODE
|
MEDIA
|
ALOKASI
WAKTU
|
1. Memberikan kesadaran akan pentingnya DANA III
|
1. 1 Dapat menyampaikan motivasi dan harapan mengikuti
pelatihan
1. 2 Dapat menyebutkan identitas semua peserta
|
·
Ekspektasi
(kontrak belajar)
- Perkenalan
- Tujuan dan harapan
- Peraturan
|
·
Religius
·
Jujur
·
Toleransi
·
Disiplin
·
Demokratis
·
Bersahabat/
Komunikatif
|
·
Instruktur
membuka sesi Ekspektasi dengan salam dan doa
·
Instruktur
mengajak peserta untuk saling berkenalan dengan metode game/permainan yang
menarik
·
Peserta mengadakan perkenalan dalam bentuk
game
·
Peserta
menuliskan tujuan dan harapan mengikuti DANA III pada kertas panel
·
Instruktur
dan peserta memadukan tujuan dan harapan menjadi satu kesatuan
·
Instruktur
menyampaikan tujuan pengkaderan DANA III pada peserta
·
Peserta
berdiskusi tentang tata tertib/peraturan yang berlaku dalam DANA III
·
Instruktur
menutup sesi Ekspetasi dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Game
·
Diskusi
·
Sumbang
saran
|
· Modul
· Kertas Panel
· Spidol
|
90
menit
|
2. Menanamkan kesadaran beragama dan meningkatkan pengamalannya
|
2.1 Mampu menjelaskan makna rahmatan
lil’alamin.
2.2 Mampu memberikan contoh makna rahmatan lil’alamin.
|
Hakikat Islam
·
Islam
sebagai Rahmatan Lil Alamiin
·
Konsep
Islam tentang Baldatun Thayyibatun wa Robbun Ghofur
·
Implementasi
dalam berbagai aspek kehidupan
|
·
Religius
·
Jujur
·
Disiplin
·
Tanggung
Jawab
·
Cinta
Damai
·
Peduli
Lingkungan dan Sosial
·
Semangat
Kebangsaan
·
Cinta
Tanah Air
|
·
Instruktur
membuka sesi Materi Hakikat Islam dengan salam dan doa
·
Instruktur
melakukan apersepsi materi Hakikat Islam dengan peserta untuk mengetahui
kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi Hakikat Islam
·
Instruktur
memperkenalkan narasumber/instruktur tamu pada peserta dan mempersilakannya
menyampaikan materi
·
Instruktur
membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang
telah disampaikan oleh narasumber
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Instruktur
menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
|
· Modul
· LCD
· Kertas panel
· Spidol
· Alat Peraga lain yang mendukung dan sesuai
|
90 menit
|
3. Memberikan pemahaman tentang tantangan lingkungan untuk meningkatkan
kecintaan pada perjuangan persyarikatan
|
3.1 Menyebutkan
arti perbandingan agama bagi gerakan dakwah
3.2 Mendeskripsikan tipologi dan peta dakwah/misi
agama-agama besar didunia
3.3 Merumuskan strategi dakwah Islam yg efektif dan
tepat sasaran diantara kontestasi agama-agama lain.
|
·
Perbandingan Agama
- Pengertian dan sejarah perbandingan agama
- Tipologi agama
- Dakwah, misi dan zending agama-agama
- Peta penyebaran agama-agama didunia
- Islam ditengah kontestasi agama-agama dunia
|
·
Religius
·
Jujur
·
Tanggung
Jawab
·
Cinta
Damai
·
Peduli
Lingkungan dan Sosial
·
Gemar
membaca
·
Bersahabat/komunikatif
|
·
Instruktur
membuka sesi Materi dengan salam dan doa
·
Instruktur
melakukan apersepsi materi dengan
peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·
Instruktur
memperkenalkan narasumber/instruktur tamu pada peserta dan mempersilakannya
menyampaikan materi
·
Instruktur
membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang
telah disampaikan oleh narasumber
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Instruktur
menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
|
· Modul
· LCD
· Kliping Media
· Kertas panel
· Spidol
|
180
menit
|
|
3.4 Menjelaskan
strategi dakwah Muhammadiyah di berbagai aspek kehidupan
|
·
Strategi
Perjuangan Muhammadiyah
- Pengertian kepentingan
- Tujuan dan pokok kebijakan strategi
- Langkah-langkah strategi
|
·
Religius
·
Jujur
·
Disiplin
·
Tanggung Jawab
·
Toleransi
·
Kerja
Keras
·
Kreatif
·
Demokratis
·
Bersahabat/komunikatif
·
Menghargai
Prestasi
·
Cinta
Damai
·
Peduli
Lingkungan dan Sosial
·
Gemar
Membaca
|
·
Instruktur
membuka sesi Materi dengan salam dan
doa
·
Instruktur
melakukan apersepsi materi dengan
peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·
Instruktur
memperkenalkan narasumber/instruktur tamu pada peserta dan mempersilakannya
menyampaikan materi
·
Instruktur
membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang
telah disampaikan oleh narasumber
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Instruktur
menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Sumbang
saran
|
· Modul
· LCD
· Kertas panel
· Spidol
· Kliping media
|
90
menit
|
|
3.5 Menjelaskan
strategi dakwah Nasyiatul ‘Aisyiyah di berbagai aspek kehidupan
|
·
Strategi
Perjuangan Nasyiatul ‘Aisyiyah
- Pengertian kepentingan komponen
- Tujuan dan pokok strategi
- Langkah-langkah strategi
|
·
Religius
·
Jujur
·
Disiplin
·
Tanggung
Jawab
·
Toleransi
·
Kerja
Keras
·
Kreatif
·
Demokratis
·
Bersahabat/komunikatif
·
Menghargai
Prestasi
·
Cinta
Damai
·
Peduli
Lingkungan dan Sosial
·
Gemar
Membaca
|
·
Instruktur
membuka sesi Materi dengan salam dan
doa
·
Instruktur
melakukan apersepsi materi dengan
peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·
Instruktur
memperkenalkan narasumber/instruktur tamu pada peserta dan mempersilakannya
menyampaikan materi
·
Instruktur
membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang
telah disampaikan oleh narasumber
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Instruktur
menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Sumbang saran
|
· Modul
· LCD
· Kertas panel
· Spidol
· Kliping media
|
90
menit
|
|
3.6 Menjelaskan
strategi dakwah ‘Aisyiyah di berbagai aspek kehidupan
|
· Strategi Perjuangan ‘Aisyiyah
-
Pengertian
kepentingan komponen
-
Tujuan dan
pokok strategi
-
Langkah-langkah
strategi
|
·
Religius
·
Jujur
·
Disiplin
·
Tanggung
Jawab
·
Toleransi
·
Kerja
Keras
·
Kreatif
·
Demokratis
·
Bersahabat/komunikatif
·
Menghargai
Prestasi
·
Cinta
Damai
·
Peduli
Lingkungan dan Sosial
·
Gemar
Membaca
|
·
Instruktur
membuka sesi Materi dengan salam dan
doa
·
Instruktur
melakukan apersepsi materi dengan
peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·
Instruktur
memperkenalkan narasumber/instruktur tamu pada peserta dan mempersilakannya
menyampaikan materi
·
Instruktur
membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang
telah disampaikan oleh narasumber
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Instruktur
menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Sumbang saran
|
· Modul
· LCD
· Kertas panel
· Spidol
· Kliping media
|
90
menit
|
4. Menanamkan nilai-nilai kepemimpinan dan meningkatkan semangat
berorganisasi
|
4.1 Menjelaskan
proses manajerial dalam menentukan strategi perjuangan organisasi
|
· Manajemen Organisasi
-
Pengertian
Proses manajemen strategi
-
Analisis
internal
-
Analisis
lingkungan
-
Formulasi
strategi
-
Implementasi
strategi
-
Pengendalian
strategi
|
·
Disiplin
·
Tanggung
Jawab
·
Toleransi
·
Kerja
Keras
·
Kreatif
·
Demokratis
·
Bersahabat/komunikatif
·
Gemar
Membaca
·
Menghargai
Prestasi
·
Cinta
Damai
·
Peduli
Lingkungan dan Sosial
|
·
Instruktur
membuka sesi Materi dengan salam dan
doa
·
Instruktur
melakukan apersepsi materi dengan
peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·
Instruktur
menyampaikan materi
·
Instruktur
membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang
telah disampaikan oleh narasumber
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Instruktur
menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Sumbang saran
|
· Modul
· LCD
· Kertas panel
· Spidol
|
90
menit
|
|
4.2 Menjelaskan
pola kepemimpinan yang bersifat strategis dan taktis
|
·
Strategi
dan Taktik Kepemimpinan
- Pengertian
- Strategi Kepemimpinan
- Taktik Kepemimpinan
|
·
Religius
·
Jujur
·
Disiplin
·
Tanggung
Jawab
·
Toleransi
·
Kerja
Keras
·
Kreatif
·
Demokratis
·
Bersahabat/komunikatif
·
Menghargai
Prestasi
·
Cinta
Damai
·
Peduli
Lingkungan dan Sosial
|
·
Instruktur
membuka sesi Materi dengan salam dan
doa
·
Instruktur
melakukan apersepsi materi dengan
peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·
Instruktur
menyampaikan materi
·
Instruktur
membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang
telah disampaikan oleh narasumber
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Instruktur
menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Sumbang
saran
|
· Modul
· LCD
· Kertas panel
· Spidol
|
90
menit
|
|
4.3 Menjelaskan
pengertian manajemen konflik dan jenis-jenis konflik
4.4 Memberikan
contoh pengelolaan konflik
|
·
Manajemen Konflik
- Pengertian
- Jenis konflik dan sumbernya
- Pemecahan dan gaya manajemen konflik
|
·
Religius
·
Jujur
·
Disiplin
·
Tanggung
Jawab
·
Toleransi
·
Kerja
Keras
·
Kreatif
·
Demokratis
·
Bersahabat/komunikatif
·
Menghargai
Prestasi
·
Cinta
Damai
·
Peduli
Lingkungan dan Sosial
|
·
Instruktur
membuka sesi Materi dengan salam dan
doa
·
Instruktur
melakukan apersepsi materi dengan
peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·
Instruktur
memperkenalkan narasumber/instruktur tamu pada peserta dan mempersilakannya
menyampaikan materi
·
Instruktur
membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang
telah disampaikan oleh narasumber atau tugas yang diberikan Instruktur
·
Dinamika
kelompok (demonstrasi)
·
Instruktur
menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Dinamika
kelompok
·
Sumbang
saran
·
Demonstrasi
|
· Modul
· LCD
· Kertas panel
· Spidol
|
90
menit
|
|
4.5 Mengidentifikasi
jenis-jenis masalah dan cara pemecahannya
|
· Pemecahan Masalah dan Pengambilan Keputusan
-
Pengertian
Proses pengambilan keputusan
-
Menemukan
dan mendefinisikan masalah
-
Memunculkan
dan mengevaluasi solusi alternatif
-
Memilih
solusi alternatif
-
Implementasi
solusi dan evaluasi hasil
|
·
Religius
·
Jujur
·
Toleransi
·
Kerja
Keras
·
Kreatif
·
Demokratis
·
Bersahabat/komunikatif
·
Menghargai
Prestasi
·
Cinta
damai
|
·
Instruktur
membuka sesi Materi dengan salam dan
doa
·
Instruktur
melakukan apersepsi materi dengan
peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·
Instruktur
menyampaikan materi
·
Instruktur
membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk praktik berkomunikasi efektif
·
Dinamika
kelompok
·
Instruktur
menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Dinamika
kelompok
·
Demonstrasi
|
· Modul
· LCD
· Kertas panel
· Kertas folio
· Spidol
|
60
menit
|
|
4.6 Menjelaskan
visi misi organisasi dan aplikasinya
|
· Visi dan Misi Organisasi
-
Visi dan
Misi Nasyaitul ‘Aisyiyah
-
Aplikasi
Visi dan Misi Nasyiatul ‘Aisyiyah
|
·
Religius
·
Jujur
·
Toleransi
·
Kerja
Keras
·
Kreatif
·
Demokratis
·
Bersahabat/komunikatif
·
Menghargai
Prestasi
·
Cinta
damai
·
Gemar
Membaca
|
·
Instruktur
membuka sesi Materi dengan salam dan
doa
·
Instruktur
melakukan apersepsi materi dengan
peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·
Instruktur
menyampaikan materi
·
Instruktur
membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi materi yang
disampaikan narasumber atau tugas yang diberikan Instruktur
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Instruktur
menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Sumbang
saran
|
· Modul
· LCD
· Kertas panel
· Kertas folio
· Spidol
|
60
menit
|
5. Mengembangkan potensi peserta sebagai penunjang keberhasilan aktivitas
berorganisasi ataupun aktivitas sehari-hari
|
5.1 Peserta memiliki pemahaman
tentang Public Relation dan Penerapannya
|
·
Pengantar
Public Relation
- Prngertian
- Fungsi
- Penerapan dalam organiasasi
|
·
Jujur
·
Toleransi
·
Kerja
Keras
·
Kreatif
·
Demokratis
·
Bersahabat/komunikatif
·
Menghargai
Prestasi
|
·
Instruktur
membuka sesi Materi dengan salam dan
doa
·
Instruktur
melakukan apersepsi materi dengan
peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·
Instruktur
memperkenalkan narasumber/instruktur tamu pada peserta dan mempersilakannya
menyampaikan materi
·
Instruktur
membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk praktik Public Relation
·
Dinamika
kelompok
·
Instruktur
menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Dinamika
kelompok
·
Sumbang
Saran
·
Demonstrasi
|
· Modul
· LCD
· Mix/speker
· Kertas folio
· Spidol
|
90 menit
|
|
5.2 Peserta
memiliki pemahaman tentang penulisan karya ilmiah dan aplikasinya
|
· Penulisan Karya Ilmiah
- Pengertian
- Tujuan dan Manfaat
- Sistematika karya ilmiah
|
·
Kreatif
·
Bersahabat/komunikatif
·
Kerja
keras
·
Tanggung
Jawab
·
Gemar
membaca dan menulis
·
Cinta
Tanah Air (menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dengan menulis
sesuai dengan Ejaan yang berlaku)
|
·
Instruktur
membuka sesi Materi dengan salam dan
doa
·
Instruktur
melakukan apersepsi materi dengan
peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·
Instruktur
memperkenalkan narasumber/instruktur tamu pada peserta dan mempersilakannya
menyampaikan materi
·
Instruktur
meminta peserta untuk menulis karya ilmiah
·
Peserta
menulis karya ilmiah
·
Diskusi
kelas
·
Instruktur
menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Dinamika
kelas
·
Demonstrasi
|
· Modul
· LCD
· Kertas panel
· Kertas folio
· Spidol
|
120
menit
|
6. Memberi kesadaran pentingnya kelanjutan kegiatan pasca pelatihan
|
6.1 Peserta
mampu mengkerangkakan mater pelatihan
6.2 Peserta
mampu membentuk korps ekstrainer dan agenda pasca pelatihan
|
·
Evaluasi
- Problem Solving
- Kerangka Pelatihan
- Pembentukan Korps ekstrainer
- Agenda kegiatan
|
·
Jujur
·
Tanggung
jawab
·
Disiplin
·
Kreatif
·
Demokratis
·
Bersahabat/Komunikatif
·
Menghargai
Pretasi
|
·
Instruktur
membuka sesi dengan salam dan doa
·
Instruktur
membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang tugas yang
diberikan instruktur
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Instruktur
menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Sambung
Rasa
|
· Modul
· LCD
· Kertas panel
· Kertas folio
· Spidol
|
45
menit
|
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
|
NILAI YANG DIKEMBANGKAN
|
KEGIATAN
|
METODE
|
MEDIA
|
ALOKASI
WAKTU
|
1. Memberikan kesadaran akan pentingnya LINA I
|
1. 1 Dapat menyampaikan motivasi dan harapan mengikuti
pelatihan
1. 2 Dapat menyebutkan identitas semua peserta
|
·
Ekspektasi
(kontrak belajar)
- Perkenalan
- Tujuan dan harapan
- Peraturan
|
·
Religius
·
Jujur
·
Toleransi
·
Disiplin
·
Demokratis
·
Bersahabat/
Komunikatif
|
·
Instruktur
membuka sesi Ekspektasi dengan salam dan doa
·
Instruktur
mengajak peserta untuk saling berkenalan dengan metode game/permainan yang
menarik
·
Peserta mengadakan perkenalan dalam bentuk
game
·
Peserta
menuliskan tujuan dan harapan mengikuti LINA I pada kertas panel
·
Instruktur
dan peserta memadukan tujuan dan harapan menjadi satu kesatuan
·
Instruktur
menyampaikan tujuan pengkaderan LINA I pada peserta
·
Peserta
berdiskusi tentang tata tertib/peraturan yang berlaku dalam LINA I
·
Instruktur
menutup sesi Ekspektasi dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Game
·
Diskusi
·
Sumbang
saran
|
· Modul
· Kertas Panel
· Spidol
|
90
menit
|
2. Menanamkan kesadaran beragama dan meningkatkan pengamalannya
|
2.1
Menjelaskan pengertian PHIM
2.2 Menjelaskan
pentingnya PHIM bagi kehidupan bermuhammadiyah
|
· Pedoman Hidup Islam Warga Muhammadiyah
- Aqidah: Esensi penciptaan manusia dan tugas manusia di
muka bumi
- Ibadah: falsafah ibadah
- Muamalah: membina kesholehan individu
- Akhlaq: Keteladanan segala aspek kehidupan
|
·
Religius
·
Jujur
·
Disiplin
·
Tanggung
Jawab
·
Mandiri
·
Gemar
membaca
·
Cinta
Damai
·
Peduli
Lingkungan dan Sosial
|
·
Instruktur
membuka sesi Materi PHIM dengan salam
dan doa
·
Instruktur
melakukan apersepsi materi PHIM dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan
pemahaman peserta tentang materi PHIM
·
Instruktur
memperkenalkan narasumber/instruktur tamu pada peserta dan mempersilakannya
menyampaikan materi
·
Instruktur
membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang
telah disampaikan oleh narasumber
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Instruktur
menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
|
· Modul
· LCD
· Kertas panel
· Spidol
· Alat Peraga lain yang mendukung dan sesuai
|
90 menit
|
3. Memahami Ideologi Muhammadiyah
|
3.1 Menjelaskan
pemahaman Ideologi Muhammadiyah
sebagai ruh gerakan persyarikatan
|
·
Ideologi
Muhammadiyah
(MKCH)
|
·
Religius
·
Jujur
·
Disiplin
·
Tanggung
Jawab
·
Mandiri
·
Gemar
membaca
·
Cinta
Damai
·
Peduli
Lingkungan dan Sosial
|
·
Instruktur
membuka sesi Materi dengan salam dan
doa
·
Instruktur
melakukan apersepsi materi dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan
pemahaman peserta tentang materi
·
Instruktur
memperkenalkan narasumber/instruktur tamu pada peserta dan mempersilakannya
menyampaikan materi
·
Instruktur
membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang
telah disampaikan oleh narasumber
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Instruktur
menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Dinamika
kelompok’
·
Diskusi
kelas
|
· Modul
· LCD
· Kertas panel
· Spidol
· Alat Peraga lain yang mendukung dan sesuai
|
90
menit
|
4. Membentuk kematangan sikap dan mengelola pengkaderan Nasyiatul ‘Aisyiyah
|
3.1 Menjelaskan Pengertian
kader organisasi Nasyiah
3.2 Menjelaskan sistem pengkaderan Nasyiatul
Aisyiyah
|
·
Sistem Pengkaderan Nasyiatul
‘Aisyiyah (SPNA)
-
Pengertian kader
-
Sistem Kaderisasi
dalam Nasyiah
-
Peran pelatihan dalam
menyiapkan kader
|
·
Religius
·
Jujur
·
Kreatif
·
Tanggung
Jawab
·
Demokratis
·
Menghargai
Prestasi
·
Gemar
membaca
·
Bersahabat/komunikatif
|
·
Instruktur
membuka sesi Materi dengan salam dan doa
·
Instruktur
melakukan apersepsi materi dengan
peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·
Instruktur
menyampaikan materi
·
Instruktur
membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang
telah disampaikan oleh narasumber
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Instruktur
menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
|
· Modul
· LCD
· Kliping Media
· Kertas panel
· Spidol
|
180
menit
|
5. Meningkatkan pemahaman tentang falsafah pelatihan
|
4.1 Menjelaskan
filosofi pelatihan
|
· Falsafah Pelatihan
-
Pengertian
Pelatihan dengan metode POD
-
Implementasi
Pelatihan dalam organisasi kader
-
Manfaat
Pelatihan dengan metode POD
|
·
Religius
·
Jujur
·
Disiplin
·
Tanggung
Jawab
·
Toleransi
·
Kerja
Keras
·
Kreatif
·
Demokratis
·
Bersahabat/komunikatif
·
Menghargai
Prestasi
·
Cinta
Damai
·
Peduli
Lingkungan dan Sosial
·
Gemar
Membaca
|
·
Instruktur
membuka sesi Materi dengan salam dan
doa
·
Instruktur
melakukan apersepsi materi dengan
peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·
Instruktur
menyampaikan materi
·
Instruktur
membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang
telah disampaikan oleh narasumber
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Instruktur
menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Sumbang
saran
|
· Modul
· LCD
· Kertas panel
· Spidol
· Kliping media
|
90
menit
|
5. Meningkatkan pemahaman
fungsi manajemen dan administrasi pelatihan
|
5.1 Mengaplikasikan perangkat
administrasi pelatihan berdasakan kebutuhan
|
·
Manajemen dan
Administrasi Pelatihan
-
Aplikasi Fungsi
Manajemen
-
Manfaat Administrasi
Pelatihan
-
Perangkat Administrasi
Pelatihan
|
· Disiplin
· Tanggung Jawab
· Toleransi
· Kerja Keras
· Kreatif
· Demokratis
· Bersahabat/komunikatif
· Menghargai Prestasi
· Cinta Damai
· Gemar Membaca
|
· Instruktur membuka sesi Materi
dengan salam dan doa
· Instruktur melakukan apersepsi materi
dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang
materi
· Instruktur menyampaikan materi
· Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi
tentang materi yang telah disampaikan oleh narasumber
· Dinamika kelompok (Praktik Administrasi Pelatihan)
· Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
|
· Dinamika kelompok
· Sumbang saran
· Demonstrasi
|
·
Modul
·
LCD
·
Kertas panel
·
Spidol
·
Kliping media
|
120 menit
|
6. Meningkatkan pemahaman
tentang etika pelatihan
|
6.1 Menerapkan etika di dalam pembelajaran, etika dalam hubungan
antara komponen pesert, fasilitator dan panitia serta lingkungan sekitar
|
·
Kode Etik
Instruktur
- Sikap muslimah yang terpuji
- Kepribadian Nasyiatul ‘Aisyiyah
- Kode Etik Instruktur
|
·
Religius
·
Jujur
·
Disiplin
·
Tanggung
Jawab
·
Toleransi
·
Kerja
Keras
·
Kreatif
·
Demokratis
·
Bersahabat/komunikatif
·
Menghargai
Prestasi
·
Cinta
Damai
·
Peduli
Lingkungan dan Sosial
·
Gemar
Membaca
|
·
Instruktur
membuka sesi Materi dengan salam dan
doa
·
Instruktur
melakukan apersepsi materi dengan
peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·
Instruktur
menyampaikan materi
·
Instruktur
membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang
telah disampaikan oleh narasumber
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Instruktur
menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Sumbang
saran
|
· Modul
· LCD
· Kertas panel
· Spidol
· Kliping media
|
90
menit
|
7. Meningkatkan pemahaman
berbagai metode dan teknik pelatihan
|
7.1 Menyebutkan berbagai Metode pelatihan dan penerapannya
|
· Metode Pelatihan
-
Pengertian
Metode dan Teknik
-
Pemilihan
Penggunaan metode
-
Kelebihan
dan kekurangan macam metode
-
Manfaat
Variasi Metode
|
·
Disiplin
·
Tanggung
Jawab
·
Toleransi
·
Kerja
Keras
·
Kreatif
·
Demokratis
·
Bersahabat/komunikatif
·
Gemar
Membaca
·
Menghargai
Prestasi
|
·
Instruktur
membuka sesi Materi dengan salam dan
doa
·
Instruktur
melakukan apersepsi materi dengan
peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·
Instruktur
menyampaikan materi
·
Instruktur
membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang
telah disampaikan oleh narasumber
·
Dinamika
kelompok (Praktik Metode dan Teknik)
·
Instruktur
menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Dinamika
kelompok
·
Sumbang
saran
·
Demonstrasi
|
· Modul
· LCD
· Kertas panel
· Spidol
|
90
menit
|
8.
Meningkatkan pemahaman tentang teknik-teknik evaluasi dalam pelatihan
|
8.1 Menjelaskan
landasan evaluasi, manfaat evaluasi dan
berbagai teknik evaluas
|
·
Teknik
Evaluasi
- Pengertian
- Bentuk-bentuk teknik evaluasi
- Manfaat evaluasi
|
·
Disiplin
·
Tanggung
Jawab
·
Toleransi
·
Kerja
Keras
·
Kreatif
·
Demokratis
·
Bersahabat/komunikatif
·
Gemar
Membaca
·
Menghargai
Prestasi
|
·
Instruktur
membuka sesi Materi dengan salam dan
doa
·
Instruktur
melakukan apersepsi materi dengan
peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·
Instruktur
menyampaikan materi
·
Instruktur
membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang
telah disampaikan oleh narasumber
·
Dinamika
kelompok (praktik microteaching)
·
Instruktur
menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Dinamika
kelompok
·
Sumbang
saran
·
Demonstrasi
|
· Modul
· LCD
· Kertas panel
· Spidol
|
120
menit
|
9. Meningkatkan kemampuan
menyampaikan materi
|
9.1 Menerangkan langkah-langkah pembuatan RSP
9.2 Menentukan langkah-langkah yang benar dalam penyusunan
RSP
9.3 Menerapkan RSP dalam pembelajaran pelatihan
|
·
Microteaching
- Merancang pelatihan
- Membuat rencana pembelajaran
- Praktik Penyampaian Materi
|
·
Religius
·
Jujur
·
Disiplin
·
Tanggung
Jawab
·
Toleransi
·
Kerja
Keras
·
Kreatif
·
Demokratis
·
Bersahabat/komunikatif
·
Menghargai
Prestasi
·
Cinta
Damai
·
Peduli
Lingkungan dan Sosial
|
·
Instruktur
membuka sesi Materi dengan salam dan
doa
·
Instruktur
melakukan apersepsi materi dengan
peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·
Instruktur
menyampaikan materi
·
Instruktur
membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang
telah disampaikan oleh narasumber
·
Dinamika
kelompok (praktik microteaching)
·
Instruktur
menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Dinamika
kelompok
·
Sumbang
saran
·
Demonstrasi
|
· Modul
· LCD
· Kertas panel
· Spidol
|
120
menit
|
9. Memberi kesadaran pentingnya
kelanjutan kegiatan pasca pelatihan
|
9.1 Peserta
mampu mengkerangkakan mater pelatihan
9.2 Peserta
mampu membentuk korps ekstrainer dan agenda pasca pelatihan
|
·
Evaluasi
- Problem Solving
- Kerangka Pelatihan
- Pembentukan Korps ekstrainer
- Agenda kegiatan
|
·
Jujur
·
Tanggung
jawab
·
Disiplin
·
Kreatif
·
Demokratis
·
Bersahabat/Komunikatif
·
Menghargai
Pretasi
|
·
Instruktur
membuka sesi dengan salam dan doa
·
Instruktur
membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang tugas yang
diberikan instruktur
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Instruktur
menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Sambung
Rasa
|
· Modul
· LCD
· Kertas panel
· Kertas folio
· Spidol
|
45
menit
|
SILABUS LATIHAN
INSTRUKTUR NASYIATUL AISYIYAH II (LINA II)
KOMPETENSI DASAR
|
INDIKATOR
|
MATERI
|
NILAI YANG DIKEMBANGKAN
|
KEGIATAN
|
METODE
|
MEDIA
|
ALOKASI
WAKTU
|
Standar
Kompetensi 1 : Berkepribadian Nasyiah
|
|||||||
1. Memberikan kesadaran akan pentingnya LINA II
|
1. 1 Dapat menyampaikan motivasi dan harapan mengikuti
pelatihan
1. 2 Dapat menyebutkan identitas semua peserta
|
· Ekspektasi (kontrak belajar)
- Perkenalan
- Tujuan dan harapan
- Peraturan
|
·
Religius
·
Jujur
·
Toleransi
·
Disiplin
·
Demokratis
·
Bersahabat/
Komunikatif
|
·
Instruktur
membuka sesi Ekspektasi dengan salam dan doa
·
Instruktur
mengajak peserta untuk saling berkenalan dengan metode game/permainan yang
menarik
·
Peserta mengadakan perkenalan dalam bentuk
game
·
Peserta
menuliskan tujuan dan harapan mengikuti LINA II pada kertas panel
·
Instruktur
dan peserta memadukan tujuan dan harapan menjadi satu kesatuan
·
Instruktur
menyampaikan tujuan pengkaderan LINA II pada peserta
·
Peserta
berdiskusi tentang tata tertib/peraturan yang berlaku dalam LINA II
·
Instruktur
menutup sesi Ekspetasi dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Game
·
Diskusi
·
Sumbang
saran
|
· Modul
· Kertas Panel
· Spidol
|
90
menit
|
2. Memahami Pedoman Hidup Islami Muhamadiyah
|
1.1.
Menjelaskan
pengertian PHIM
1.2.
Menjelaskan
pentingnya PHIM bagi kehidupan bermuhammadiyah
1.3.
Menjelaskan
substansi dan filosofi PHIM
|
Pedoman Hidup Islam Warga Muhammadiyah
· Pengertian
PHIM
· Pentingnya
PHIM
· Filosofi
PHIM
·
Substansi PHIM
|
·
Religius
·
Jujur
·
Disiplin
·
Tanggung
Jawab
·
Mandiri
·
Gemar
membaca
·
Cinta
Damai
·
Peduli
Lingkungan dan Sosial
·
Semangat
kebangsaan
·
Cinta
tanah air
|
·
Instruktur
membuka sesi Materi PHIM dengan salam dan doa
·
Instruktur
melakukan apersepsi materi PHIM dengan
peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi PHIM
·
Instruktur
memperkenalkan narasumber/instruktur tamu pada peserta dan mempersilakannya
menyampaikan materi
·
Instruktur
membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang
telah disampaikan oleh narasumber
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Instruktur
menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Sumbang
saran
|
· Modul
· LCD
· Kertas panel
· Spidol
· Alat Peraga lain yang mendukung dan sesuai
|
90 menit
|
3. Memahami Ideologi
Muhammadiyah dan menjadikannya sebagai semangat dakwah
|
3.1 Menjelaskan makna Ideologi Muhammadiyah
3.2.
Menjelaskan Gerakan Tajdid Muhammadiyah
3.4.
Menjelaskan berbagai cara pemahamanan
keagamaan
3.5. Mengidentifikasi dan menginternalisasikan
cara pemahaman keagamaan muhammadiyah
|
·
Ideologi Muhammadiyah
- Gerakan Tajdid Muhammadiyah
-
Cara-cara pemahaman
keagamaan dalam PHIM
- Cara pemahaman Agama dalam Muhamadiyah
|
·
Religius
·
Jujur
·
Kreatif
·
Tanggung
Jawab
·
Demokratis
·
Menghargai
Prestasi
·
Gemar
membaca
·
Bersahabat/komunikatif
|
·
Instruktur
membuka sesi Materi dengan salam dan doa
·
Instruktur
melakukan apersepsi materi dengan
peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·
Instruktur
memperkenalkan narasumber/instruktur tamu pada peserta dan mempersilakannya
menyampaikan materi
·
Instruktur
membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang
telah disampaikan oleh narasumber
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Instruktur
menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Sumbang
saran
|
· Modul
· LCD
· Kliping Media
· Kertas panel
· Spidol
|
90
menit
|
4. Mengelola dan menerapkan kehidupan islami dalam lingkungan pelatihan
|
4.1 Membuat jadwal kegiatan yang menggambarkan kehidupan
Islami dalam pelatihan
4.2 Memandu kegiatan kehidupan Islami selama kegiatan
4.3 Membuat suasana lingkungan pelatihan yang Islami
|
·
Kehidupan Islami dalam
Pelatihan
-
Cara menyusun jadwal
kegiatan kehidupan Islami
-
Cara merancang suasana pelatihan yang Islami
-
Tugas-tugas Iman
training dalam memandu pelatihan
|
·
Religius
·
Jujur
·
Kreatif
·
Tanggung
Jawab
·
Demokratis
·
Menghargai
Prestasi
·
Gemar membaca
·
Bersahabat/komunikatif
|
·
Instruktur
membuka sesi Materi dengan salam dan doa
·
Instruktur
melakukan apersepsi materi dengan
peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·
Instruktur
menyampaikan materi
·
Instruktur
membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang
telah disampaikan oleh narasumber
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Instruktur
menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Sumbang
saran
|
· Modul
· LCD
· Kliping Media
· Kertas panel
· Spidol
|
90 menit
|
5. Memahami dan mengembangkan sistem pengkaderan di nasyiah
|
5.1 Mengidentifikasi karakteristik organisasi Nasyiah
5.2 Menjelaskan pentingnya pengkaderan
di Nasyiah
5.3 Mengidentifikasi model-model pengkaderan dalam kerangka
sistem pengkaderan Nasyiah
5.4 Menganalisis sistem pengkaderan Nasyiah dan upayapengembangannya
|
· Sistem Pengkaderan Nasyiatul Aisyiyah
-
Karakteristik
Organisasi Nasyiatul Aisyiyah
-
Pentingnya
Pengkaderan dala organisasi
-
Model-model
pengkaderan dalam sistem pengkaderan Nasyiah
-
Strategi
Pengembangan Pengkaderan
|
·
Disiplin
·
Tanggung
Jawab
·
Toleransi
·
Kerja
Keras
·
Kreatif
·
Demokratis
·
Bersahabat/komunikatif
·
Menghargai
Prestasi
·
Cinta
Damai
·
Gemar
Membaca
|
·
Instruktur
membuka sesi Materi dengan salam dan
doa
·
Instruktur
melakukan apersepsi materi dengan
peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·
Instruktur
menyampaikan materi
·
Instruktur
membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang
telah disampaikan oleh narasumber
·
Dinamika
kelompok (Praktik Kurikulum Pelatihan)
·
Instruktur
menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Dinamika
kelompok
·
Sumbang
saran
·
Demonstrasi
|
· Modul
· LCD
· Kertas panel
· Spidol
· Kliping media
|
90 menit
|
Standar Kompetensi 2 : Mampu mengelola Pelatihan di
Nasyiah
|
|||||||
6. Memahami manajemen
pelatihan
|
6.1 Menjelaskan pengetian manajemen dan
manajemen
pelatihan
6.2 Mengidentifikan
tahapan dalam manajemen pelatihan
6.3 Mengklarifikasi setiap tahap pelatihan
6.4 Menjelaskan unsur-unsur yang telibat dalam pelatihan di Nasyiah
6.5 Mengidentifikasi
tugas-tugas setiap unsur pelatihan dalam Nasyiah
|
· Manajemen Pelatihan
-
Pengertian manajemen dan manajemen pelatihan
- Tahapan
dalam manajemen
pelatihan
- Unsur-unsur
yang terlibat dalam pelatihan di Nasyiah
-
Tugas-tugas setiap unsur pelatihan dalam
Nasyiah
|
·
Jujur
·
Kerja
Keras
·
Tanggung
Jawab
·
Kreatif
·
Demokratis
·
Bersahabat/komunikatif
·
Menghargai
Prestasi
·
Gemar
Membaca
|
·
Instruktur
membuka sesi Materi dengan salam dan
doa
·
Instruktur
melakukan apersepsi materi dengan
peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·
Instruktur
menyampaikan materi
·
Instruktur
membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang
telah disampaikan oleh narasumber
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Instruktur
menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Sumbang
saran
|
· Modul
· LCD
· Kertas panel
· Spidol
· Kliping media
|
90
menit
|
7. Memahami TNA
(Training Needs Assesment)
|
7.1 Menjelaskan pengertian TNA
7.2
Mengidentifikan elemen-elemen TNA
7.3
Mengidentifikasi
cara-cara melakukan TNA
7.4
Menyusun TNA
|
· Training Needs Assesment
- pengertian TNA
- elemen-elemen TNA
- cara-cara melakukan TNA
- Menyusun TNA
|
·
Disiplin
·
Tanggung
Jawab
·
Toleransi
·
Kerja
Keras
·
Kreatif
·
Demokratis
·
Bersahabat/komunikatif
·
Gemar
Membaca
·
Menghargai
Prestasi
|
·
Instruktur
membuka sesi Materi dengan salam dan
doa
·
Instruktur
melakukan apersepsi materi dengan
peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang materi
·
Instruktur
menyampaikan materi
·
Instruktur
membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang materi yang
telah disampaikan oleh narasumber
·
Dinamika
kelompok
·
Instruktur
menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Dinamika
kelompok
·
Sumbang
saran
|
· Modul
· LCD
· Kertas panel
· Spidol
|
180 (135) menit
|
8. Memahami Struktur Kurikulum Pelatihan
|
8.1 Membedakan sasaran kompetensi dalam pendidikan dan pelatihan
8.2 Menjelaskan kompetensi yang akan dicapai dalam pelatihan (Life Skill)
8.3 Mengidentifikasi
unsur-unsur dalam penyusunan kurikulum
|
·
Kurikulum Pelatihan
- sasaran kompetensi dalam pendidikan dan pelatihan
- kompetensi yang akan dicapai dalam pelatihan (Life Skill)
- unsur-unsur dalam penyusunan kurikulum
|
· Religius
· Jujur
· Disiplin
· Tanggung Jawab
· Toleransi
· Kerja Keras
· Kreatif
· Demokratis
· Bersahabat/komunikatif
· Menghargai Prestasi
· Cinta Damai
· Peduli Lingkungan dan Sosial
|
· Instruktur membuka sesi Materi
dengan salam dan doa
· Instruktur melakukan apersepsi materi
dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang
materi
· Instruktur menyampaikan materi
· Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi
tentang materi yang telah disampaikan oleh narasumber
· Dinamika kelompok (praktik microteaching)
· Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
|
· Dinamika kelompok
· Sumbang saran
· Demonstrasi
|
·
Modul
·
LCD
·
Kertas panel
·
Spidol
|
90 menit
|
9. Memahami evaluasi program
Pelatihan
|
9.1 Menjelaskan
pengertian Evaluasi program
9.2 Menjelaskan model Evaluasi
Program
9.3 Merancang
evaluasi program pelatihan
|
·
Evaluasi
Program Pelatihan
-
Pengetian
Evaluasi program
-
Model-model
evaluasi program
- Menyusun evaluasi program pelatihan
|
·
Jujur
·
Tanggung
jawab
·
Disiplin
·
Kreatif
·
Demokratis
·
Bersahabat/Komunikatif
·
Menghargai
Pretasi
|
· Instruktur membuka sesi Materi
dengan salam dan doa
· Instruktur melakukan apersepsi materi
dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang
materi
· Instruktur menyampaikan materi
· Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi
tentang materi yang telah disampaikan oleh narasumber
· Dinamika kelompok (praktik microteaching)
· Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
|
· Dinamika kelompok
· Sumbang saran
· Demonstrasi
|
·
Modul
·
LCD
·
Kertas panel
·
Spidol
|
90
menit
|
10. Menyusun Desain Pelatihan
|
10.1 Menjelaskan pengertian desain pelatihan
10.2 mengidentifikasi
unsure-unsur dalam desain pelatihan
10.3 Menjelaskan
setiap unsur desain pelatihan
10.4 Menyusun
desain pelatihan
|
·
Desain
Pelatihan
-
Pengertian
Desain pelatihan
-
Unsur-unsur
desain pelatihan
- Menyusun desain pelatihan
|
·
Jujur
·
Tanggung
jawab
·
Disiplin
·
Kreatif
·
Demokratis
·
Bersahabat/Komunikatif
·
Menghargai
Pretasi
|
· Instruktur membuka sesi Materi
dengan salam dan doa
· Instruktur melakukan apersepsi materi
dengan peserta untuk mengetahui kesiapan dan pemahaman peserta tentang
materi
· Instruktur menyampaikan materi
· Instruktur membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi
tentang materi yang telah disampaikan oleh narasumber
· Dinamika kelompok (praktik microteaching)
· Instruktur menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
|
· Dinamika kelompok
· Sumbang saran
· Demonstrasi
|
·
Modul
·
LCD
·
Kertas panel
·
Spidol
|
360
menit
|
9. Memberi kesadaran pentingnya
kelanjutan kegiatan pasca pelatihan
|
9.1 Peserta
mampu mengkerangkakan mater pelatihan
9.2 Peserta
mampu membentuk korps ekstrainer dan agenda pasca pelatihan
|
·
Evaluasi
- Problem Solving
- Kerangka Pelatihan
- Pembentukan Korps ekstrainer
- Agenda kegiatan
|
·
Jujur
·
Tanggung
jawab
·
Disiplin
·
Kreatif
·
Demokratis
·
Bersahabat/Komunikatif
·
Menghargai
Pretasi
|
·
Instruktur
membuka sesi dengan salam dan doa
·
Instruktur
membagi peserta dalam beberapa kelompok untuk berdiskusi tentang tugas yang
diberikan instruktur
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Instruktur
menutup sesi dengan salam dan doa penutup majelis
|
·
Dinamika
kelompok
·
Diskusi
kelas
·
Sambung
Rasa
|
· Modul
· LCD
· Kertas panel
· Kertas folio
· Spidol
|
45
menit
|
Bismillaah...
BalasHapusSaya ijin copy SPNA nya ya mbak, sebagai acuan kami berkegiatan...
Terima kasih
Assalamu'alaykum warahmatullahi wabarrakaatuuh, perkenalkan, saya Palupi dari PRNA Sendangmulyo, Sleman, Yogyakarta.. mohon izin untuk menyalin silabus yang dimuat di laman web ini nggih mbak Amin Nurita Fajar A... jazaakillahu khayran katsir mbak... albirru manittaqo ^.^9
BalasHapusAssalamualaikum... Saya ijin copas ya, yunda Amin Nurita. Bermanfaat sangat
BalasHapusIZIN COPAS YA MBAK..
BalasHapus